MIND ID Raih Laba Bersih Kuartal III Rp 9,8 T, Ditopang Tiga Komoditas

Image title
29 Oktober 2021, 09:17
mind id, holding bumn tambang, laba bersih
PT PAM MIneral Tbk.
Ilustrasi pertambangan.

MIND ID hingga kuartal III mencatatkan laba bersih konsolidasian sebesar Rp 9,8 triliun. Holding BUMN tambang ini berhasil membalikkan kinerja keuangannya yang merah pada periode yang sama tahun lalu, dengan catatan rugi bersih sebesar Rp 1,4 triliun.

CEO MIND ID, Orias Petrus Moedak mengatakan sejak pandemi berlangsung, pihaknya menempatkan perhatian utama pada aspek operasional Anggota MIND ID seperti Aneka Tambang (Antam), Bukit Asam (PTBA), Freeport Indonesia, Inalum, dan PT Timah.

"Inovasi operasional dilakukan untuk menghasilkan proses bisnis yang lebih efektif dan efisien dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat,” kata dia dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (29/10).

Selain itu, perusahaan membukukan total pendapatan sebesar Rp 63,8 triliun pada sembilan bulan 2021. Angka ini lebih tinggi 35% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tiga kontributor terbesar pendapatan berasal dari komoditas batu bara, emas dan timah. Perusahaan mencatat Net Profit Margin sebesar 15,4%, meningkat dibandingkan capaian tahun lalu sebesar -3,0%. Profitabilitas juga ditunjukkan dengan capaian EBITDA Rp 19,8 triliun, dengan marjin 31,0%, lebih tinggi 179% dari capaian tahun lalu.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...