RI-Malaysia-Thailand Selesai Bangun 14 Proyek Infrastruktur Rp 555 T

Cahya Puteri Abdi Rabbi
29 Oktober 2021, 09:43
infrastruktur, malaysia, thailand, kerja sama growth triangle
ANTARA FOTO/ Reno Esnir/hp.
Ilustrasi.

Indonesia, Malaysia, dan Thailand telah merampungkan 14 proyek infrastruktur konektivitas prioritas senilai Rp 555 triliun melalui kerja sama segitiga pertumbuhan (growth triangle/IMT-GT) ketiga negara. Kerja sama ini diklaim telah memacu pembangunan ekonomi dan memperkecil kesenjangan antar-wilayah.

Kerja sama ini melibatkan provinsi-provinsi dari ketiga negara yang secara geografis berdekatan. Daerah-daerah yang masuk dalam lingkup kerja sama ini adalah 10 provinsi di pulau Sumatera, Indonesia; 8 negara bagian Malaysia di semenanjung Malaka; dan 14 provinsi Thailand bagian selatan.

"Memasuki akhir dari implementasi cetak biru 2017-2021, terdapat 14 proyek konektivitas prioritas yang telah selesai, lima proyek di Indonesia, tiga proyek di Malaysia, dan enam proyek di Thailand dengan total proyek sekitar US$ 39 miliar (Rp 555 triliun)," kata Airlangga dalam konferensi pers virtual, Kamis malam (28/10).

IMT-GT mencakup tujuh bidang utama yaitu pariwisata, perdagangan dan investasi, transportasi, pertanian, lingkungan, sumber daya manusia serta kerja sama bidang halal. Kerja sama IMT-GT ini juga merupakan building block dari kerjasama ASEAN.

Adapun, ke-14 proyek infrastruktur tersebut yakni, Kereta api Tanah Melayu Berhad (KTMB), Cargo Terminal Perlis, Light Rail Transit (LRT) Palembang, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang, KEK Sei Mangkai, KEK Arun, dan Palapa Ring.

Selain itu, proyek infrastruktur lainnya yakni fasilitas Custom, Immigration, Quarantine (CIQ) Wang Prachan, CIQ Padang Besar (Thailand), New CIQ Sadao, New CIQ Bukit Kayu Hitam, CIQ Padang Besar (Malaysia), Bandara Hat Yai, Bandara Betong, dan Songkhla Rubber City.

"Saat ini terdapat lima koridor ekonomi yang menghubungkan titik-titik utama antara daerah di ketiga negara. Dan untuk meningkatkan keterhubungan di ketiga negara, maka diberikan penambahan koridor baru yang akan difokuskan melalui keterhubungan laut," kata dia.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...