Diresmikan Hari Ini oleh Jokowi, Bandara Sintang Habiskan Rp 580 M

Cahya Puteri Abdi Rabbi
8 Desember 2021, 07:29
bandara tabelian, bandara sintang, jokowi,
Kementerian Perhubungan
Bandara Tebelian yang terletak di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Bandara Tebelian di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat akan diresmikan hari ini (8/12) oleh presiden Joko Widodo (Jokowi). Bandara ini mulai dibangun pada 2011 dan terus dikembangkan hingga tahun lalu dengan menelan biaya sekitar Rp 580 miliar.

"Saya ke Bandara Tebelian untuk mengecek kondisi fasilitas sisi darat dan sisi udara bandara," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resminya, Selasa (7/12).

Bandara Tebelian dibangun untuk menggantikan bandara eksisting yaitu Bandara Susilo, yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi karena berada di pusat kota dan dikelilingi permukiman. Kehadiran bandara ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan transportasi udara di Kabupaten Sintang dan sekitarnya.

Sebagai informasi, pengembangan Bandara Tebelian dilakukan diatas lahan sekitar 153,6 hektare, yang telah dihibahkan oleh Pemkab Sintang kepada Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub.

Bandara Tebelian saat ini memiliki terminal penumpang seluas 2.000 meter persegi (m2) yang mampu melayani 75.000 penumpang per tahun, panjang landasan pacu 1.820 m x 30 m mampu didarati pesawat sejenis ATR-72/600, taxiway 160 m x 18 m, dan Apron 220 m x 60 m, yang mampu menampung empat pesawat ATR-72.

Budi juga meninjau bandara lainnya yang berada di Provinsi Kalimantan Barat, yaitu Bandara Pangsuma, yang terletak di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...