Chevron dan ExxonMobil Ungkap Hambatan Memacu Investasi Migas di RI

Image title
15 Desember 2021, 16:01
investasi migas, chevron, exxonmobil
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Petugas beraktifitas di sekitar Rig (alat pengebor) elektrik D-1500E di Daerah operasi pengeboran sumur JST-A2 Pertamina EP Asset 3, Desa kalentambo, Pusakanagara, Subang, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Pelaku usaha di sektor migas global menginginkan agar Indonesia dapat menyeragamkan proses birokrasi lintas kementerian. Hal ini untuk mendorong minat investasi migas di tanah air demi menggenjot produksi, mengingat jarak antara target produksi dan konsumsi yang terus melebar.

Presiden ExxonMobil Indonesia, Irtiza Sayyed mengatakan bahwa sebagai International Oil Company (IOC) ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat investasinya di Indonesia. Salah satunya yakni mengenai proses birokrasi lintas Kementerian di Indonesia yang masih belum seragam.

Menurut dia kemudahan administrasi dan tidak adanya tumpang tindih kebijakan lintas kementerian dapat sangat mempengaruhi minat para investor.

"Kami menemukan dari waktu ke waktu ada tantangan terutama ketika kita bekerja dengan beberapa Kementerian project-project kami tidak hanya melibatkan satu Kementerian," kata dia dalam The 9 th US-Indonesia Investment Summit, Rabu (15/12).

Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit, Albert Simanjuntak menilai guna mendongkrak investasi yang lebih atraktif, maka solusi yang diberikan pemerintah jangan hanya solusi jangka pendek. Namun solusi secara jangka panjang yang butuh komitmen dari semua pihak.

Selain itu, dia berpedapat bahwa pemerintah sebaiknya tidak hanya memperhatikan investasi di masa mendatang saja. Namun para pelaku usaha migas yang saat ini sudah beroperasi di Indonesia juga tetap diberikan perhatian agar keekonomian yang didapat masih sesuai.

"Tidak hanya investasi masa mendatang yang harus dilindungi. Tetapi investasi yang sekarang beroperasi juga harus dilindungi," katanya. Simak realisasi investasi migas hingga kuartal III 2021 pada databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...