Dirut Pertamina Tegaskan Pertalite Belum Dihapuskan Tahun Depan

Happy Fajrian
28 Desember 2021, 16:42
pertamina, bbm, premium, pertalite, pertamax
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
SPBU Pertamina.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati buka suara terkait kabar penghapusan BBM jenis Premium (RON 88) dan Pertalite (RON 90) di Indonesia. Dia menegaskan bahwa untuk saat ini belum ada rencana atau kebijakan pemerintah untuk menghapuskan Pertalite.

Nicke mengatakan bahwa pertimbangan untuk menghapuskan Premium dan Pertalite berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor P20/Menlhk/Setjen/Kum1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang. Bahwa untuk mengurangi emisi karbon maka direkomendasikan agar BBM yang dijual adalah RON 91 ke atas, dalam hal ini Pertamax.

Namun hal tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan sejumlah aspek seperti yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo, mulai dari keterjangkauan harga (affordability), serta kesiapan pasokan Pertamina.

“Hari ini tidak ada kebijakan untuk menghapuskan Pertalite masih ada di pasar tapi kami mendorong agar menggunakan (BBM) yang lebih baik, yaitu Pertamax, agar bisa berkontribusi terhadap penurunan emisi karbon di Indonesia,” ujar Nicke di Istana Wakil Presiden, Selasa (28/12).

Menurut Nikce, Pertamina telah gencar mengupayakan penurunan emisi karbon melalui penggunaan BBM yang lebih berkualitas sejak pertengahan tahun 2020 melalui program “Langit Biru”. Program ini mendorong masyarakat agar bergeser dari Premium ke Pertalite salah satunya dengan pemberian diskon.

Ia mengklaim melalui program tersebut kesadaran masyarakat untuk menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan meningkat, sehingga konsumsi Premium semakin menurun dan pada akhirnya berkontribusi terhadap penurunan emisi.

“Alhamdulillah dari Juni 2020 sampai hari ini emisi karbon yang berhasil kita turunkan adalah 12 juta ton CO2e dari kontribusi masyarakat yang beralih dari Premium ke Pertalite. Tentu dampaknya ke mesin (kendaraan) lebih baik dan efisien,” tutur Nicke.

Tahapan berikutnya setelah berhasil mendorong masyarakat beralih dari Premium ke Pertalite, Pertamina akan mendorong masyarakat untuk menggunakan bahan bakar yang lebih baik lagi, yaitu Pertamax.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...