Siap Hidup Bersama Covid-19, Inggris Cabut Semua Aturan Pembatasan

Image title
22 Februari 2022, 22:16
inggris, covid-19, boris johnson,
ANTARA FOTO/REUTERS/Henry Nicholls/aww/sad.
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan akan mencabut seluruh aturan pembatasan Covid-19 secara bertahap.

Pemerintah Inggris akan segera mencabut seluruh aturan pembatasan Covid-19. Perdana Menteri Boris Johnson mengumumkan hal ini hanya sehari selang Ratu Elizabeth II dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Johnson mengatakan langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk hidup bersama Covid-19. Negara lain di Britania Raya seperti Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara dipersilakan untuk menentukan dan menerapkan aturan mereka masing-masing.

Meski demikian, Johnson mengatakan pemerintah Inggris akan memantau varian baru dari Covid-19 dan berupaya untuk mengidentifikasi setiap mutasi virus.

"Hari ini bukan hari dimana kita bisa mendeklarasikan kemenangan atas Covid, karena virus ini tidak akan hilang. Tapi ini adalah hari di mana semua upaya dua tahun terakhir akhirnya memungkinkan kita untuk melindungi diri kita sendiri sambil memulihkan kebebasan kita sepenuhnya," kata Johnson seperti dikutip dari CNN, Selasa (22/2).

Johnson menyebut berakhirnya aturan isolasi mandiri memungkinkan masyarakat Inggris untuk melindungi diri sambil memperoleh kebebasan. Lebih lanjut, Johnson menyebut kini adalah waktunya untuk beralih dari pembatasan pemerintah ke tanggung jawab pribadi.

"Momen kebanggaan bagi bangsa kita dan sumber harapan untuk semua yang dapat kita capai di tahun-tahun mendatang," ujar Johnson.

Adapun aturan yang akan segera dicabut di antaranya wajib isolasi mandiri pada 24 Februari, penyediaan tes Covid-19 secara gratis pada 1 April, serta penghapusan subsidi keuangan bagi warga Inggris yang tidak dapat bekerja dari rumah jika dinyatakan positif mulai 24 Maret.

Meski demikian pencabutan pembatasan tersebut harus mendapat persetujuan lebih dahulu dari parlemen Inggris. Proses pencabutan juga akan dilakukan secara bertahap.

Nantinya, warga yang dinyatakan positif tetapi telah mendapat vaksinasi tidak akan diminta melakukan test Covid-19 Selain itu warga yang belum divaksinasi juga tidak diminta untuk melakukan isolasi mandiri.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...