Negosiasi Damai Rusia Ukraina Mandek, Harga Minyak Kembali ke US$ 100

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Maret 2022, 14:08
harga minyak, perang rusia ukraina, rusia ukraina
Katadata
Rig migas lepas pantai.

Harga minyak dunia kembali menembus US$ 100 per barel setelah sebelumnya sempat berada di level US$ 95 per barel ketika Rusia dan Ukraina memulai pembicaraan damai. Namun pemerintah Rusia kini meragukan perkembangan pembicaraan damai tersebut.

Kremlin, sebutan pemerintah Rusia, membantah kabar yang menyebutkan pembicaraan damai dengan Ukraina berjalan dengan baik. Meski demikian mereka tetap berkomitmen melanjutkan negosiasi.

Harga minyak mentah jenis Brent naik US$ 8,62 menjadi US$106,64 per barel. Sedangkan West Texas Intermediate (WTI) naik US$ 7,94, menjadi US$102,98 per barel. Meski demikian kedua harga minyak acuan global ini telah turun signifikan dari level tertingginya di kisaran US$ 130 per barel beberapa waktu lalu.

Para pedagang, bankir dan analis menilai hal ini disebabkan karena minimnya pasokan yang akan terjadi dalam beberapa minggu mendatang akibat masih berlakunya sanksi terhadap Rusia. Banyak negara telah melarang pembelian minyak Rusia untuk menghukum Moskow atas invasinya ke Ukraina hampir tiga minggu lalu.

Rusia, yang menyebut aksi militer itu sebagai "operasi khusus", adalah pengekspor minyak mentah dan produk bahan bakar terbesar di dunia. Penyuling dan konsumen harus membuat penyesuaian cepat untuk minggu-minggu mendatang.

"Ada kekhawatiran baru di pasar bahwa kita bisa kehilangan lebih banyak minyak Rusia," kata John Kilduff, mitra di Again Capital LLC. Simak databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...