Softbank Mundur dari IKN, Otorita Optimistis Investor Lain akan Datang

Rizky Alika
18 Maret 2022, 20:05
softbank, ikn, ibu kota nusantara
123RF.com/Tupungato
Pejalan kaki melintas di salah satu gedung Softbank di Jepang.

Softbank Group Corp batal berinvestasi di proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Meski begitu, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono tetap optimistis adanya investor yang akan menanamkan dananya untuk IKN.

"Saya kok masih tetap optimistis dengan Pak Dhony (Wakil Kepala Otorita) kalau kita melakukan structuring yang baik dari IKN, tentu investor itu akan datang dengan sendirinya," kata Bambang di Istana Merdeka, Jumat (18/3).

Ia menilai, mundurnya salah satu investor merupakan hal yang biasa dalam dunia swasta. Apalagi, investor memang memiliki karakter yang berbagai macam, mulai dari investor kelas menengah hingga besar. Ada pula investor yang memiliki minat pada bidang tertentu, seperti pendidikan, kesehatan, atau komersial.

Ia pun meminta masyarakat untuk tidak khawatir terhadap mundurnya Softbank. "Karena ini merupakan proses dari satu kerja sama dengan swasta yang sebetulnya biasa di dunia pembangunan seperti ini," ujar dia.

Bambang pun memperkirakan, akan ada banyak badan usaha yang akan menanamkan dana untuk proyek IKN. Dengan demikian, investasi oleh sektor swasta akan berlangsung secara dinamis.

Sebelumnya, Softbank disebut menawarkan investasi mencapai US$ 40 miliar atau setara Rp 572 triliun (asumsi kurs Rp 14.300 per dolar AS) untuk membangun Nusantara.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...