Tak Khawatir Eropa Setop Impor Batu Bara, Rusia Cari Pasar Baru

Happy Fajrian
11 April 2022, 15:16
batu bara, rusia, uni eropa, sanksi energi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi tambang batu bara.

Negara-negara anggota Uni Eropa sepakat untuk menghentikan impor batu bara dari Rusia mulai pertengahan Agustus 2022. Meski demikian, negara berjuluk Beruang Merah tersebut tak khawatir karena masih ada pasar lain yang dapat menyerap batu bara yang ditolak Eropa.

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara Kremlin, julukan pemerintah Rusia, Dmitry Peskov. Menurut dia, permintaan batu bara saat ini sedang tinggi. “Batu bara rusia yang diperuntukkan bagi Eropa akan dialihkan ke pasar lain,” ujarnya seperti dikutip dari Reuters pada Senin (11/4).

Advertisement

Uni Eropa pada Jumat (8/4) secara resmi menjatuhkan paket sanksi kelima terhadap Rusia atas invasinya ke Ukraina. Sanksi ini termasuk larangan impor batu bara, kayu, bahan kimia, dan sejumlah produk lainnya.

“Batu bara masih menjadi komoditas yang sangat dicari. Karena konsumsi di Eropa ditinggalkan, di sini ada masa tenggang tertentu, aliran batu bara akan dialihkan ke pasar alternatif,” ujar Peskov.

Dengan berlakunya larangan ekspor pada akhir pekan lalu, negara-negara Uni Eropa sudah tidak diizinkan menandatangani kontrak pembelian baru batu bara Rusia. Larangan impor tersebut juga satu bulan lebih lambat dibandingkan rencana semula yakni pada Juli.

Menurut data Kementerian Energi Rusia, total ekspor batu bara sepanjang 2021 mencapai 223 juta ton. Sebanyak 48,7 juta ton, atau 22%, diserap Eropa. Simak daftar komoditas Rusia yang diekspor ke Eropa beserta pangsa pasarnya pada databoks berikut:

Menteri Energi Rusia Nikolai Shulginov mengatakan bahwa keputusan negara-negara Eropa untuk meninggalkan batu bara Rusia akan menjadi bumerang. Karena menurut dia proses untuk menggantikan pengiriman batu bara dari Moskow akan memakan waktu dan biaya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement