Erick Thohir Fokuskan Pelita Air untuk Penerbangan Domestik

Happy Fajrian
29 April 2022, 14:13
pelita air, erick thohir,
ANTARA FOTO/Fauzan/tom.
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) berbincang dengan seorang penumpang pesawat Airbus A320-200 maskapai Pelita Air sebelum memasuki pesawat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (28/4/2022).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meluncurkan operasional perdana penerbangan berjadwal reguler Pelita Air Services rute Jakarta-Denpasar di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, Kamis (28/4/2022).

Kehadiran Pelita Air merupakan langkah konkret pemerintah dalam mengoptimalkan potensi penumpang domestik yang dinilai potensinya belum tergarap secara maksimal.

Pasalnya data sebelum pandemi Covid-19 menunjukkan 72% wisatawan merupakan wisatawan domestik dengan nilai ekonomi Rp 1.400 triliun. Sedangkan wisatawan mancanegara hanya 28% dengan nilai ekonomi “hanya” sekitar Rp 300 triliun.

“Oleh karena itu, saya meminta dan mengharuskan Pelita Air yang akan menjadi salah satu tulang punggung pembangunan industri penerbangan domestik, bukan internasional. Catat ini, kalau ada izin untuk internasional jangan dikeluarkan,” kata Erick dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (29/4).

Menurut Erick dengan jumlah wisatawan domestik yang lebih dominan artinya ada potensi luar biasa yang selama ini belum dimaksimalkan BUMN dalam sektor penerbangan domestik. Simak perkembangan jumlah penumpang penerbangan domestik pada databoks berikut:

Erick mengatakan, kehadiran Pelita Air juga merupakan bentuk intervensi pemerintah dalam mewujudkan keseimbangan ekonomi di industri pesawat terbang Tanah Air. Terlebih dengan melonjaknya harga tiket pesawat saat ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...