Pertamina: Konsumsi BBM Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Naik 58%

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Mei 2022, 18:22
bbm, pertamina, arus mudik, arus balik, lebaran,
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/tom.
Petugas mengisi bahan bakar minyak kendaraan pemudik di Rest Area 487 B, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (7/5/2022).

Pertamina mencatat konsumsi BBM pada arus mudik dan arus balik lebaran mengalami peningkatan sekitar 43% hingga 58%. Kenaikan permintaan tersebut mayoritas terjadi di Jalur Tol Trans Jawa, Jalur Pantura (non tol) dan Jalur Selatan Jawa (non tol).

Pejabat Sementara (Pjs) Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga-Sub Holding Commercial & Trading, Irto Ginting. Ia mengatakan, penjualan BBM tertinggi sementara terjadi pada H-2 lebaran yang mencapai kenakan 41% dari penjualan di hari normal.

“Untuk BBM khususnya gasoline. Sementara untuk arus balik mudik tertinggi kenaikannya 29% di tanggal 5 Mei 2022,” kata Irto kepada Katadata.co.id, pada Senin (9/5).

Irto menambahkan, wilayah tertinggi konsumsi BBM berada di jalur mudik, antara lain Cirebon, Brebes, dan Tegal. Selain itu konsumsi tertinggi juga berada di kota wisata seperti Yogyakarta dan Bandung.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, memperkirakan kondisi yang sama terjadi pada saat arus balik. Meski demikian secara umum stok dan penyaluran BBM dalam kondisi aman dan berjalan lancar.

"Pertamina menjamin seluruh layanan BBM, khususnya Solar, Pertalite, Pertamax dan Avtur dalam kondisi normal," ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Senin (9/5).

Nicke menambahkan, kelangkaan BBM dapat diatasi selama mudik Lebaran Idul Fitri 2022. Pertamina mengoptimalkan seluruh infrastruktur secara terintegrasi dari hulu hingga hilir, mulai dari produksi dan operasional kilang, pengangkutan kapal hingga penyaluran ke SPBU.

"Ini yang menjadi kunci keberhasilan, tahun ini dengan lonjakan di masa arus mudik itu peningkatannya sampai 41%, selama ini yang tertinggi itu hanya 11%. Kalau kami tidak merencanakan secara detail dari hulu ke hilir, tidak mungkin kita bisa memenuhi ini," sambung Nicke.

Nicke menjabarkan, peningkatan penjualan BBM juga terjadi pada Avtur, di mana kenaikan tertinggi terjadi saat puncak arus mudik pada 28 April 2022 yang mencapai 33%. Adapun Puncak arus balik mulai tanggal 6-8 Mei 2022 dengan prediksi kenaikan penjualan Avtur sebesar 24% dari rata-rata penjualan di hari normal.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...