Cegah Penyelewengan BBM Subsidi, ESDM Catat Nopol Kendaraan di SPBU

Muhamad Fajar Riyandanu
26 April 2022, 12:15
bbm subsidi, kementerian esdm
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.
Petugas memeriksa berkas konsumen yang menggunakan kartu kendali saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) solar subsidi di SPBU 64.761.19 Jalan Pulau Balang Km 13, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (18/4/2022).

Pemerintah bakal mencatat nomor polisi (nopol) kendaraan pembeli BBM subsidi di SPBU. Hal tersebut merupakan implementasi dari penerapan sistem pengguna tunggal (single user) untuk memastikan agar penyaluran BBM bersubsidi, Pertalite dan solar, tepat sasaran.

“Jadi kami tahu barang (BBM) yang dikirim dan barang yang dibeli. Semuanya tercatat," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam keterangan tertulis dikutip Selasa (26/4).

Advertisement

Ia menambahkan, Pemerintah juga akan mengoptimalkan penggunaan teknologi digital sebagai bagian dari pengawasan pendistribusian seperti CCTV dan digitalisasi.

"Sekarang kami sudah mulai sistem pengawasan dengan menyorot sistem plat nomor untuk bisa direkam. Nanti bakal ketahuan kendaraan yang bolak-balik mengisi BBM," sambungnya.

Lebih lanjut, kata Arifin, catatan dari hasil penyelewangan BBM dalam sistem digitalisasi tersebut akan segera ditindaklanjuti dengan melaporkan ke penegak hukum.

"Kemarin sudah banyak ditindak oleh kepolisian dalam kasus penimbunan dan layout tangki dari 200 liter menjadi 400 liter. Bisa juga bocor di SPBU. Makanya kita coba tangani," ujar Arifin.

Menaggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan, proses menuju ke arah digitalisasi yang saat ini sedang dilakukan oleh pemerintah dan Pertamina merupakan salah satu strategi yang bisa diterapkan untuk menekan konsumsi BBM subsidi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement