Brasil Copot Menteri Energi setelah Petrobras Menaikkan Harga BBM

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Mei 2022, 11:50
harga bbm, brasil, harga minyak
ANTARA FOTO/REUTERS/Adriano Machado/aww/cf
Presiden Brasil Jair Bolsonaro mencopot Menteri Energi Bento Albuquerque yang menolak mengintervensi Petrobras untuk mencegah kenaikan harga BBM.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro mencopot Menteri Energi Bento Albuquerque sebagai respons naiknya harga BBM oleh perusahaan minyak milik negara, Petroleo Brasileiro atau Petrobras.

Albuquerque dicopot karena menolak tekanan untuk mengubah kebijakan harga di Petrobras atau membuat subsidi BBM. Sebagaimana diberitakan oleh Reuters pada Kamis (12/5), posisi Menteri Energi akan diserahkan kepada seorang pejabat tinggi Kementerian Ekonomi, Adolfo Sachsida.

Albuquerque dilihat sebagai orang yang melawan campur tangan politik di perusahaan, ancaman yang sangat akut karena inflasi menjadi isu sentral dalam pemilihan presiden tahun ini.

Pekan lalu, Presiden Bolsonaro mendesak Petrobras untuk tidak menaikkan harga BBM. Ia memperingatkan bahwa kenaikan harga akan memicu kegaduhan nasional. Bolsonaro makin berang usai mengetahui Petrobras menaikkan harga solar sebesar 9% pada Senin lalu.

Petrobras juga membukukan laba kuartal I sekitar US$ 9 miliar atau sekitar Rp 131 triliun (kurs Rp 14.600 per dolar), hampir 40 kali lebih tinggi dari kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, Sachsida mengatakan dalam sebuah ciutan di Twitter bahwa peran baru yang akan ia emban menjadi tantangan terbesar dalam karirnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...