Harga Energi Mahal, Produsen Baja Terbesar Jepang Lirik Lagi Batu Bara

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Juni 2022, 16:28
batu bara, baja, jepang
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi pabrik baja.

Produsen baja terbesar Jepang, Nippon Steel Corporation, mempertimbangkan untuk kembali menggunakan batu bara sebagai sumber energi dalam proses produksinya, seiring tingginya harga energi. Nippon Steel berusaha untuk menstabilkan pasokan energinya dengan mengamankan bahan baku utama, yakni batu bara kokas.

Padahal perusahaan ini telah berjanji untuk menjadi netral karbon pada 2050. Untuk mencapai target tersebut, ada dua strategi utama. Pertama, memproduksi baja lebih banyak dari sisa-sisa peleburan, dan kedua mengganti batu bara dengan hidrogen untuk bahan bakar tanur.

Dua strategi ini memiliki kendalanya tersendiri. Untuk memproduksi baja dari sisa-sisa peleburan, Nippon Steel harus beralih menggunakan tanur elektrik yang mahal. Sedangkan strategi kedua membutuhkan investasi besar pada teknologi yang pengembangannya penuh dengan ketidakpastian.

Sementara itu harga batu bara kokas dunia yang menjadi bahan bakar tanur bersuhu tinggi untuk memproduksi logam paduan, telah melonjak ke level tertinggi imbas konflik antara Rusia dan Ukraina. Pelemahan nilai yen semakin memperberat beban produsen baja yang melambungkan biaya produksi.

"Ini adalah dinamika yang mendorong Nippon Steel untuk mempelajari apakah masuk akal untuk berinvestasi lebih jauh pada proyek batu bara," kata General Manager Raw Materials Division Nippon Steel, Kiichi Yamada, seperti dikutip Bloomberg, Rabu (22/6).

Ini bukan keputusan mudah lantaran sektor batu bara saat ini tengah berada dalam tekanan transisi energi untuk mengurangi emisi karbon dan mencegah pemanasan global.

Saat ini Nippon Steel memiliki saham minoritas pada enam aset batu bara kokas. Sebagian besar aset tersebut berada di Australia, termasuk proyek Moranbah North yang dipimpin oleh Anglo American Plc dengan kapasitas produksi 15 juta ton per tahun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...