SKK Migas Targetkan Inpex dapat Mitra di Blok Masela Akhir Tahun ini

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Juli 2022, 19:35
blok masela, inpex, skk migas, abadi lng
Katadata/Ratna Iskana
Ilustrasi, dua orang berbincang di booth Inpex Corporation dalam IPA Convex 2019 di Jakarta. Inpex merupakan operator proyek Lapangan Abadi Blok Masela.

SKK Migas menargetkan Inpex Corporation harus mendapatkan mitra dalam menggarap proyek Abadi LNG Blok Masela pada akhir tahun ini. Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, mengatakan pihaknya akan mengupayakan agar Inpex mendapat mitra tahun ini.

Sembari mencari mitra, Inpex akan merampungkan persetujuan dokumen Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) dan pembebasan lahan non-hutan. "Abadi Masela target tahun ini harus selesai mengenai parthership dan juga studi CCUS," kata Dwi saat ditemui wartawan di Kantor SKK Migas pada Jumat (15/7).

Advertisement

Dia menambahkan bahwa SKK Migas juga masih menunggu hasi revisi rencana pengembangan yang diajukan oleh Inpex dengan memasukkan fasilitas penangkapan, penyimpanan, dan pemanfaatan karbon (carbon capture, utilisation and storage/CCUS).

Adapun rencana pengembangan tersebut baru bisa diajukan ke SKK Migas jika Inpex sudah mendapat rekan pengelola pengganti Shell yang memutuskan hengkang dari proyek Abadi Masela. Proyek ini ditargetkan onstream atau mulai berproduksi pada kuartal II 2027 dengan biaya investasi US$ 19,8 miliar.

"Revisi Plan of Development (PoD) lagi kami harapkan selesai. Mitra potensial pengganti Shell kami belum dapat update, setahu saya mereka (Inpex) menawarkan ke berbagai pihak karena ini cukup menarik, karena memang cadangannya besar," sambung Dwi.

Sebelumnya diberitakan, progres proyek Abadi LNG Blok Masela masih mandek usai mundurnya perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Belanda, Shell Upstream Overseas pada Juli 2020. Padahal proyek ini ditargetkan onstream atau mulai berproduksi pada 2027.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement