Pemeliharaan Pipa Nord Stream 1 Rampung, Gas Kembali Mengalir ke Eropa

Happy Fajrian
20 Juli 2022, 12:44
gas rusia, eropa, gazprom
123rf.com
Ilustrasi pipa gas Rusia Uni Eropa.

Perusahaan gas milik negara Rusia, Gazprom, dijadwalkan akan kembali mengalirkan gas ke kawasan Eropa setelah pemeliharaan pipa Nord Stream 1 yang berlangsung selama 10 hari selesai, Kamis (21/7) besok. Pipa ini merupakan salah satu rute utama pengiriman gas dari Rusia ke Benua Biru

Seorang sumber anonim mengatakan bahwa pipa NS1 akan melanjutkan operasi tepat waktu, namun volume gas yang dialirkan di bawah kapasitas maksimal sekitar 160 juta meter kubik (mcm) per hari.

Dengan demikian, kekhawatiran Jerman dan negara-negara Uni Eropa (UE) lainnya bahwa Rusia mungkin akan mematikan aliran gas untuk seterusnya setelah pemeliharaan pipa Nord Stream 1 selama 10 hari selesai sebagai balasan sanksi atas perang di Ukraina, tidak terbukti.

“Mereka (Gazprom) akan kembali melanjutkan pengiriman gas ke level sebelum 11 Juli,” kata salah satu sumber terkait volume gas yang akan kembali dialirkan via rute NS1 mulai Kamis, seperti dikutip Reuters, Rabu (20/7).

Dalam beberapa bulan terakhir Gazprom memangkas ekspor gas melalui rute tersebut hingga hanya 40% dari total kapasitas, dengan alasan penundaan pengembalian turbin yang diperbaiki oleh Siemens Energy di Kanada.

Namun hal tersebut dibantah oleh Kementerian Energi Jerman yang mengatakan bahwa turbin tersebut dijadwalkan untuk dipakai pada operasional pada September mendatang. Sehingga penundaannya tidak dapat menjadi alasan Rusia mengurangi volume pengirimannya.

Rusia, yang merupakan eksportir gas alam terbesar dan pemasok minyak mentah terbesar kedua di dunia, dituding menjadikan pasokan energinya sebagai senjata dalam menghadapi sanksi dari negara-negara barat.

Kremlin membantah tuduhan itu dan menyatakan bahwa mereka telah menjadi pemasok energi yang dapat diandalkan. Namun dalam sebuah surat tertanggal 14 Juli, Gazprom mengatakan secara surut menyatakan kondisi kahar atau force majeure atas pasokan gas mulai 14 Juni.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...