Jerman Khawatir Rusia Matikan Aliran Gas via Pipa Nord Stream 1

Happy Fajrian
9 Juli 2022, 20:45
jerman, gas, rusia, ekspor gas, nord stream
ANTARA FOTO/REUTERS/Sputnik/Mikhail Metzel/Kremlin /hp/sad.
Presiden Rusia Vladimir Putin memimpin pertemuan tentang industri transportasi melalui tautan video di Sochi, Rusia, Selasa (24/5/2022).

Pemerintah Rusia berencana melakukan perawatan pada pipa Nord Stream 1 yang merupakan salah satu jalur utama pengiriman gas dari Rusia ke Eropa. Perawatan infrastruktur pipa ini akan berlangsung selama 10 hari mulai Senin (11/7).

Jerman dan negara-negara Uni Eropa bersiap jika Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan kesempatan ini untuk mematikan aliran gas untuk seterusnya sebagai balasan atas berbagai sanksi yang dijatuhkan atas perang di Ukraina.

Jika itu terjadi, maka pemerintah Jerman yang dipimpin oleh Kanselir Olaf Scholz akan menyatakan kondisi darurat yang disertai dengan penjatahan energi bagi industri dan pemberian bailout atau dana talangan untuk perusahaan. Konsekuensinya, Jerman akan jatuh ke dalam jurang resesi dan menciptakan efek berantai ke perekonomian global.

“Apakah kami khawatir? Ya, kami sangat khawatir. Sangat naif untuk tidak khawatir,” kata CEO raksasa industri kimia Jerman, Evonik Industries AG, Christian Kullmann, seperti dikutip Bloomberg pada Sabtu (9/7).

Mengingat ketergantungan Jerman yang sangat tinggi terhadap pasokan gas Rusia dan kurangnya alternatif yang layak untuk mencari pasokan pengganti dalam jangka pendek, Putin berpeluang besar untuk menghancurkan perekonomian Eropa sebagai balasan atas sanksi.

Sementara Moskow menyangkal telah menggunakan energi sebagai senjata. Namun dengan perkembangan yang terjadi saat ini, semakin cepat Rusia bertindak mengganggu pasar gas lebih jauh, maka semakin tinggi harga yang akan dinikmati Rusia.

“Rusia hanya memiliki opsi yang terbatas yang bisa mereka mainkan. Mereka akan mencoba memaksimalkan opsi yang tersisa,” kata wakil direktur Pusat Energi Global Dewan Atlantik, Olga Khakova.

Peran Rusia sebagai mitra energi yang stabil bagi Eropa kini tidak ada lagi sejak invasinya ke Ukraina pada akhir Februari. Kini pemerintah Jerman menyebut Rusia sebagai kotak hitam karena terbatasnya visibilitas terhadap rencana Putin dan terputusnya jalur komunikasi dengan Gazprom.

Pemerintah Jerman kini harus mempersiapkan warganya untuk menghadapi masa-masa sulit ke depan. Kali ini, urgensi difokuskan pada pencegahan keruntuhan pasar energi dan dampak yang akan ditimbulkan terhadap sektor industri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...