Pertamina Diminta Rampungkan PoD Penerapan EOR Blok Rokan Tahun ini

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Juli 2022, 18:39
blok rokan, pertamina, skk migas, eor,
Pertamina
Blok Rokan.

SKK Migas menargetkan rencana pengembangan (plan of development/POD) untuk penerapan teknologi enhanced oil recovery (EOR) di Lapangan Minas Blok Rokan dapat selesai pada Desember tahun ini atau lebih cepat.

Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman, mengatakan cepat maupun lambatnya penerapan EOR di Blok Rokan bergantung dari upaya Pertamina Hulu Rokan (PHR) sebagai pengelola dari blok migas yang terletak di Provinsi Riau tersebut.

"Harapannya begitu, (Desember tahun ini). Tergantung PHR-nya. Kami akan dorong terus. Mudah-mudahan lebih cepat," kata Fatar saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Rabu (20/7).

Ditemui di lokasi yang sama, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas), Tutuka Ariadji, mengatakan bahwa pemerintah sudah punya peta jalan jangka panjang untuk penerapan EOR di Blok Rokan.

Tutuka mengatakan bahwa rencana pengembangan EOR di blok migas yang pernah berjaya pada masa bonanza minyak medio 1970-an ini akan dilakukan secara bertahap.

"Sudah punya rodmap jangka panjang. Tapi bagaimana saat ini kami bisa memperpendek itu. Ada ada beberapa tahap. Tahap 1 memang bisa cepat sih, paling lambat 2023," kata tutuka.

Tutuka menambahkan, saat ini pemerintah sedang mengupayakan tahap percepatan di seluruh sekor industri migas. Hal ini termasuk pada rencana penerapan EOR di Blok Rokan agar mampu meningkatkan produksi lapangan milik Pertamina.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...