Exxon dan Chevron Cetak Rekor Laba Bersih Berkat Lonjakan Harga Minyak

Happy Fajrian
29 Juli 2022, 21:21
chevron, exxon, harga minyak, laba bersih
ANTARA FOTO/REUTERS/Lucy Nicholson/WSJ/cf
Harga bahan bakar di atas 8 dolar diiklankan di sebuah stasiun pengisian bahan bakar Chevron di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Senin (30/5/2022).

Dua perusahaan minyak dan gas bumi (migas) internasional (international oil company/IOC), ExxonMobil dan Chevron Corp., mencetak rekor laba bersih pada kuartal II 2022 seiring lonjakan harga minyak dan gas.

Exxon melaporkan laba bersih kuartal II sebesar US$ 1,79 miliar, meningkat hampir empat kali lipat dari US$ 4,69 miliar yang diraihnya pada periode yang sama tahun lalu.

Advertisement

Capaian ini juga melampaui catatan kinerja terbaiknya pada 2008 ketika harga minyak Brent memuncak pada US$ 147 per barel, serta kinerja kuartalan terbaik yang pernah dicapai pada 2012 dengan torehan laba bersih mencapai US$ 15,9 miliar.

Laba Exxon pada kuartal pertama tahun ini telah membuat Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menuding bahwa Exxon dan perusahaan minyak lainnya memanfaatkan kekurangan pasokan global untuk menggemukkan laba.

“Exxon menghasilkan lebih banyak uang daripada Tuhan,” kata Biden setelah Exxon membukukan laba kuartalan terbesarnya dalam tujuh tahun terakhir pada kuartal I tahun ini.

Exxon telah menggunakan laba ini untuk membayar utang dan meningkatkan distribusi dividen kepada pemegang saham yakni sebesar 88 sen dolar per saham untuk kuartal ketiga mendatang.

Perusahaan awal tahun ini menggandakan lebih dari dua kali lipat program pembelian kembali yang diproyeksikan menjadi US$ 30 miliar hingga 2022 dan 2023. Shell dan Total memperpanjang pembelian kembali saham mereka setelah kinerja kuartal kedua mengalahkan rekor kuartal sebelumnya.

Exxon mempertahankan investasi modalnya pada US$ 9,5 miliar pada paruh pertama tahun ini, sejalan dengan panduan setahun penuh. Keuntungannya termasuk barang teridentifikasi senilai US$ 300 juta yang dipesan terkait dengan penjualan aset hulu Barnett Shale.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement