Bertemu Putin, Erdogan Sepakat Turki Bayar Gas Rusia dalam Rubel

Happy Fajrian
6 Agustus 2022, 14:37
putin, erdogan, rusia, turki, gas, kerja sama
ANTARA FOTO/Sergei Chirikov/Pool via RUETERS/File Ph
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjabat tangan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin sepakat untuk meningkatkan kerja sama setelah pertemuan empat jam pada Jumat (5/8), salah satunya terkait pembayaran gas Rusia dengan rubel.

Pada kesepakatan lainnya, kedua negara akan meningkatkan kerja sama dalam industri transportasi, pertanian, keuangan, dan konstruksi, serta membentuk aliansi dalam melawan organisasi teroris di Suriah.

Dalam pernyataan bersama, Putin dan Erdogan menekankan perlunya “implementasi penuh dari perjanjian Istanbul, termasuk ekspor gandum, pupuk, dan bahan mentah Rusia tanpa hambatan untuk produksi mereka.”

“Di bawah perjanjian baru Turki telah setuju untuk membayar Rusia sebagian dalam rubel,” kata Perdana Menteri Rusia Alexander Novak usai pertemuan, seperti dikutip dari Reuters pada Sabtu (6/8).

Bulan lalu Putin mengumumkan bahwa negara-negara yang tidak bersahabat akan diminta untuk membayar energi Rusia melalui rekening rubel untuk melindungi Rusia dari efek sanksi Barat.

Sementara Rusia tidak akan menganggap Turki sebagai negara yang tidak ramah, pembayaran Turki dalam rubel untuk gas alam Rusia akan melindungi pembayaran tersebut dari sanksi, dan dapat menyelesaikan masalah dengan Moskow, yang mungkin tidak menyukai aktivitas Turki di Suriah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...