Jejak Digital Ratu Elizabeth: Anggota Kerajaan Pertama Pengguna Email

Happy Fajrian
9 September 2022, 13:26
ratu elizabeth, email, teknologi, internet, inggris
computerhistory.org
Ratu Elizabeth II mengirim email pertama kali tahun 1976.

Hari ini Inggris Raya berduka. Ratu mereka, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun di rumahnya di Skotlandia. Sebagai seorang wanita berusia lanjut yang mewakili sebuah institusi yang sudah ada sejak berabad-abad lamanya, Elizabeth ternyata lebih paham teknologi daripada yang dibayangkan banyak orang.

Seakan menentang stereotip tentang wanita seusianya, Ratu Elizabeth, melalui handler atau penangannya, adalah penganut teknologi yang sangat antusias. Bisa dikatakan ia mengalahkan semua orang di dunia dalam menggunakan internet. Ia adalah anggota kerajaan pertama di dunia yang menggunakan email.

Advertisement

Ratu Elizabeth mengirim email pertamanya ketika mengunjungi Royal Signals and Radar Establishment di Malvern, Inggris, pada 26 Maret 1976, sebagai bagian dari pengembangan awal Arpanet, cikal bakal internet global saat ini.

Username atau nama pengguna Elizabeth saat itu yaitu HME2: Her Majesty, Elizabeth II. “Yang harus dia lakukan (ketika itu) hanyalah menekan beberapa tombol,” kata Peter Kirstein, pria yang membantu mengatur email ratu saat itu kepada WIRED pada 2012 silam.

Adapun isi dari surat elektronik (surel) Ratu berisi “Pesan dari Yang Mulia Ratu”, yang ia tanda tangani dengan “Elizabeth R”. Tanda tersebut digunakan Elizabeth untuk semua komunikasi digitalnya.

Dia tidak hanya pengguna awal surat elektronik (surel), pada 1997 ia meluncurkan versi pertama situs web keluarga kerajaan, bertahun-tahun sebelum beberapa surat kabar besar Inggris memutuskan untuk online.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement