Kelompok 450-900 VA dapat Kompor Induksi, Bagaimana Pelanggan Mampu?

Muhamad Fajar Riyandanu
20 September 2022, 16:50
kompor induksi, pln, listrik, pln
PLN
Ilustrasi kompor induksi.

Pemerintah dan PLN disarankan untuk memberikan kompor induksi kepada masyarakat kelompok mampu dengan kriteria daya listrik minimal 3.500 volt ampere (VA) atau golongan R2. Langkah ini dinilai bisa mempercepat upaya untuk mengurangi konsumsi elpiji yang sebagian besar dipenuhi dari impor.

Opsi tersebut juga bisa lebih meningkatkan permintaan listrik untuk mengatasi kelebihan pasokan atau oversupply yang tengah dihadapi PLN. Menurut laporan PLN, jumlah pelanggan untuk golongan R2 mencapai 1,7 juta pelanggan.

"Mereka adalah kelompok mampu yang tidak perlu disubsidi dan memang ini juga banyak pasarnya. Seharusnya PLN juga menyasar ke sana dengan memberikan kompor induksi gratis dan peralatannya," kata Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Selasa (20/9).

Mamit mengatakan, tarif penggunaan kompor induksi secara bulanan dirasa jauh lebih murah dari penggunaan elpiji non subsidi. "Kalau dibandingkan dengan yang gas non subsidi, tarif kompor induksi memang lebih murah," ujar Mamit.

Senada, pakar ekonomi energi Universitas Gadjah Mada (UGM), Fahmy Radhi, juga mengatakan pelanggan PLN golongan mampu juga bisa diberikan kompor induksi.

Bedanya, pelanggan golongan mampu tidak mendapat subsidi listrik seperti pelanggan 450 VA dan 900 VA yang masih harus diberikan tarif subsidi setelah PLN menaikkan usai listrik untuk mengakomodir kompor induksi.

Sementara untuk pelanggan golongan R2 hanya dibebaskan biaya instalasi dan penaikan daya listrik jika diperlukan. Selebihnya, biaya penggunaan listrik serahkan kepada konsumen tanpa adanya tarif subsidi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...