Tambah Daya untuk Kompor Induksi 1.000 Watt, PLN Tak Ganti Meteran

Muhamad Fajar Riyandanu
19 September 2022, 13:14
kompor induksi, listrik, pln, meteran listrik
ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.
Warga memeriksa pulsa token listrik di salah satu rumah susun kawasan Bendungan Hilir, Jakarta, Minggu (25/7/2021).

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menjamin tak ada penggantian meteran listrik bagi para pelanggan yang memiliki daya listrik 450 Volt Ampere (VA) hingga 900 VA yang memperoleh paket kompor induksi gratis.

General Manager PLN IUD Jakarta Raya, Doddy Pangaribuan, mengatakan pihaknya tak akan mengubah meteran manual milik keluarga penerima manfaat dengan meteran listrik berbasis token atau prabayar.

PLN UID Jakarta Raya menargetkan penyaluran 10.000 unit kompor induksi untuk warga ibukota hingga akhir tahun ini. "Tidak ada penggantian meteran, hanya penggantian Miniature Circuit Breaker (MCB) dari 2 ampere ke 16 ampere dan dari 4 ampere ke 20 ampere," kata Doddy kepada Katadata.co.id, Senin (19/9).

MCB adalah salah satu komponen instalasi listrik rumah yang berfungsi sebagai sistem proteksi di dalam instalasi listrik jika terjadi beban berlebih dan korsleting listrik. MCB bekerja sebagai pendeteksi adanya arus listrik yang melebihi batas. MCB akan mematikan listrik apabila terjadi korsleting.

PLN menyebut paket kompor induksi dan alat masaknya diberikan secara percuma kepada pelanggan yang memiliki daya listrik 450 VA dan 900 VA. Selain itu, pelanggan juga mendapat fasilitas bebas instalasi dan penambahan daya listrik gratis.

Bagi pelanggan yang memiliki daya listrik 450 VA akan ditingkatkan menjadi 3.500 VA, sementara 900 VA bakal dinaikkan jadi 4.400 VA. PLN akan membuat saluran listrik baru di dalam rumah. Adapun selisih tambahan daya listrik ini hanya bisa digunakan untuk kompor induksi, tidak bisa untuk keperluan lainya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...