PLN Bagikan Kompor Listrik 1.000 Watt Gratis, Sumber Dana Dari Mana?

Abdul Azis Said
19 September 2022, 15:51
elpiji, kompor listrik
ANTARA FOTO/Jojon/wsj.
Pekerja menumpuk tabung Elpiji 3 kilogram yang kosong di salah satu pangkalan di Desa Langgea, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Senin (15/6/2020).

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan membagikan gratis sekitar 5 juta kompor listrik berdaya 1.000 watt sebagai pengganti tabung elpiji 3 kilogram pada tahun depan. Kementerian Keuangan memaparkan belum membahas alokasi anggaran secara khusus di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Belum pernah dibahas secara khusus (konversi ke kompor listrik), sehingga belum ada alokasinya," kata Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan, Made Arya Wijaya, melalui pesan singkat, Senin (19/9).

Advertisement

Made mengatakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang mengawal kajian teknis atas kebijakan konversi tabung elpiji 3 kg menjadi kompor listrik. Selanjutnya, Kementerian Keuangan akan mencermati hasil kajian Kementerian ESDM terhadap dampaknya pada anggaran.

Made menyebut kemungkinan sumber anggarannya berasal dari alokasi subsidi untuk LPG 3 kg yang mulai dikurangi seiring program migrasi ke kompor listrik. "Kalau kebijakannya sudah ditetapkan, bisa saja alokasi yang disediakan untuk subsidi digeser untuk mendanainya (pengadaan kompor listrik)," ujarnya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo sebelumnya menjelaskan telah menyiapkan program konversi tahun depan dengan menyasar 5 juta keluarga penerima manfaat. Dia memproyeksikan program ini dapat menghemat Rp 5,5 triliun per tahun.

Selanjutnya, apabila jumlah keluarga penerima manfaat mencapai 15,3 juta, maka proyeksi penghematan APBN bisa mencapai Rp 16,8 triliun per tahun.

"Saving ini dari mana? Ini dari fakta bahwa per kilogram elpiji biaya keekonomiannya adalah sekitar Rp 20 ribu, sedangkan biaya keekonomian (kompor induksi) sekitar Rp 11.300 per kilogram listrik ekuivalen," kata Darmawan, beberapa waktu lalu.

PLN telah memulai pilot proyek di Solo dan Bali dengan membagikan kompor listrik 1.000 watt kepada dua ribu keluarga. Rencananya, tahun ini akan membagikan 300 ribu paket.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement