Ekonomi Cina Melemah, Konsumsi Gas Turun Pertama Kali Dalam 20 Tahun

Happy Fajrian
3 November 2022, 17:11
konsumsi gas cina, harga gas,
PT Pelindo Energi Logistik
Kapal tanker milik perusahaan migas Cina, CNOOC, membawa kargo gas alam cair (LNG).

Konsumsi gas alam Cina tahun ini dilaporkan turun untuk pertama kalinya dalam sekitar 20 tahun terakhir seiring dengan pelemahan ekonomi yang membebani permintaan energi. Salah satu pemicu pelemahan ekonomi Negeri Panda yaitu kebijakan Nol-Covid.

Seorang pejabat departemen energi Cina mengatakan bahwa permintaan gas pada musim dingin ini akan meningkat lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Peneliti dari China National Offshore Oil Company (CNOOC) Li Jianping mengatakan total permintaan gas tahun ini kemungkinan turun 1% menjadi 363,6 miliar meter kubik (bcm).

Advertisement

“Konsumsi gas musim dingin ini diperkirakan 168-190 bcm karena ketidakpastian kondisi cuaca dan pemulihan ekonomi,” kata para pejabat negara Cina pada sebuah seminar yang diselenggarakan oleh Chongqing Gas Exchange dikutip oleh Reuters, Kamis (3/11).

Dengan penurunan ini Cina harus menyerahkan kembali gelarnya sebagai importir gas alam cair terbesar di dunia kepada Jepang tahun ini karena pembatasan Covid-19 yang berlarut-larut dan biaya impor yang tinggi menghambat permintaan, mengurangi tekanan pada pasokan global yang ketat di tengah krisis Ukraina.

Sambil memangkas impor LNG yang mahal, perusahaan akan meningkatkan produksi dalam negeri, mengisi fasilitas penyimpanan gas dan meningkatkan impor gas pipa yang lebih murah dari Rusia dan Asia Tengah.

“Kebijakan pasokan musim dingin kami adalah menstabilkan impor gas pipa dari Asia Tengah, meningkatkan volume dari Rusia dan meningkatkan produksi dalam negeri,” kata Li Wei, seorang eksekutif pasar gas dengan raksasa negara PetroChina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement