Pertamina Turunkan Harga Pertamax, Ini Perbandingan dengan SPBU Swasta

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Januari 2023, 11:28
harga pertamax, harga bbm, pertamax, bbm, harga minyak, spbu vivo
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah kendaraan antre mengisi BBM jenis Pertalite dan Pertamax di salah satu SPBU Pejompongan, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Pertamina memutuskan untuk menurunkan harga BBM non subsidi atau Jenis BBM Umum (JBU) mulai hari ini, Selasa (3/1). Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan bahwa penurunan harga Pertamax dan Dex Series dilakukan serentak dan mulai berlaku pada pukul 14.00 WIB.

Nicke memerinci, harga jual Pertamax di area wilayah Jawa-Bali bakal turun menjadi Rp 12.800 per liter dari sebelumnya Rp 13.900 per liter. Sedangkan harga Pertamax Turbo juga turun ke Rp 14.050 dari sebelumnya Rp 15.200 per liter.

Advertisement

Lebih lanjut, harga jual Dexlite juga turun ke Rp 16.150 per liter dari sebelumnya Rp 18.300 per liter dan Pertamina Dex menjadi Rp 16.750 per liter dari harga sebelumnya Rp 18.800 per liter.

"Mulai pukul 2 siang, harga Pertamax akan turun, demikian juga untuk produk-produk seperti Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex ini akan turun dengan perhitungan formula yang ditetapkan oleh Kementerian ESDM," kata Nicke saat menggelar konferensi pers di SPBU Pertamina MT Haryono Jakarta pada Selasa (3/1).

Lebih lanjut, Nicke menjelaskan bahwa penurunan harga BBM hanya berlaku pada jenis Pertamax Series atau JBU. Harga BBM bersubsidi Pertalite dan Solar tetap dipatok pada harga masing-masing Rp 10.000 per liter dan Rp 6.800 per liter.

Sebelumnya SPBU swasta telah lebih dulu menyesuaikan harga BBM-nya. SPBU Vivo dan BP kompak menurunkan harga BBM per 1 Januari 2023.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement