Pertamina Kandidat Tunggal Akuisisi 35% Saham Blok Masela dari Shell

Muhamad Fajar Riyandanu
6 Januari 2023, 18:09
blok masela, pertamina
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi blok migas.

Pertamina diputuskan menjadi kandidat tunggal terkait pengambilalihan 35% saham hak partisipasi (participating interest/PI) pengelolaan Proyek Abadi LNG Blok Masela dari Shell.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan proses alih aset blok proyek gas alam cair yang terletak di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku tersebut sudah memasuki tahap final.

Advertisement

"Sudah final dengan Pertamina mungkin ya. Pertamina sementara sendirian, karena yang masuk lebih dulu itu Pertamina," kata Arifin saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Jumat (6/1).

Meski sudah ditetapkan sebagai tokoh tunggal dalam proses akuisisi 35% saham milik Shell itu, Pertamina kemungkinan besar akan membentuk konsorsium yang terdiri dari dua atau tiga perusahaan migas.

Nantinya, konsorsium tersebut akan berkolaborasi dengan Inpex Corporation sebagai operator sekaligus pemegang saham mayoritas Blok Masela.

Arifin mengatakan, sejuah ini sudah ada beberapa perusahaan asing yang menghubungi pemerintah untuk meminta data proyek Blok Masela. Satu diantaranya yakni perusahaan migas asal Tiongkok, PetroChina. "Tapi juga ada beberapa perusahaan yang minta data, itu dari Cina," ujar Arifin.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement