ESDM Pertanyakan Rencana Freeport Ekspor Tembaga Jelang Larangan

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Februari 2023, 14:39
tembaga, freeport, larangan ekspor tembaga, esdm
Kementerian ESDM
Menteri ESDM Arifin Tasrif didampingi Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas, meninjau proyek smeter tembaga milik Freeport di Gresik, Jumat (29/7/2022).

Kementerian ESDM tengah mengevaluasi permohonan ekspor 2,3 juta ton konsentrat tembaga yang diajukan oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) dalam Rencana Kerja dan Anggaran Biaya atau RKAB 2023.

Permohonan ekspor ini diajukan di tengah rencana pemerintah untuk melarang ekspor seluruh mineral mentah secara serempak, termasuk tembaga, pada Juni 2023.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwa pihaknya belum memberi persetujuan ihwal permohonan ekspor konsentrat tembaga Freeport yang diajukan di dalam RKAB tahunan perusahaan.

"Itu kan baru ajuan, keinginan. Nanti akan kami evaluasi, apa dasar mereka mengajukan ekspor karena ini ada aturan larangannya," kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM pada Jumat (24/2).

Arifin menjelaskan, pengajuan RKAB kepada Kementerian ESDM dilakukan melalui penyampaian dokumen kepada Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bata (Minerba). Dokumen tersebut akan diproses oleh Minerba untuk selanjutnya mendapat persetujuan dari Menteri ESDM.

Menurut Arifin, pelarangan ekspor konsentrat tembaga pada pertengahan tahun ini merupakan amanat dari Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...