Proyek Dedieselisasi Pembangkit Listrik Ditargetkan Dimulai Tahun ini

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Februari 2023, 14:37
dedieselisasi, pembangkit listrik, konversi pembangkit diesel,
Dok PLN
Ilustrasi pembangkit listrik.

Kementerian ESDM menargetkan program percepatan konversi pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) menjadi pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) berjalan tahun ini. Program yang kerap di sebut sebagai dedieselisasi pembangkit ini akan menyasar pada 33 PLTD yang mayoritas terletak Indonesia Timur.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, mengatakan bahwa program ini masih berada pada tahap proses lelang. Sebagai koordinator program dedieselisasi pembangkit, ESDM akan bekerja sama dengan BUMN seperti PLN dan Perusahaan Gas Negara (PGN).

"Skalanya cukup besar, sedang dilakukan upaya untuk melelangkan. Mudah-mudahan dalam tahun ini bisa dilakukan oleh BUMN terkait," kata Tutuka dalam Energy Corner CNBC pada Senin (27/2)

Pada program dedieselisasi, pemerintah menargetkan 5.200 unit pembangkit listrik diesel di 2.130 lokasi berkapasitas 2,37 Giga Watt (GW) yang akan dialihkan menjadi tiga model pembangkit.

Di antaranya, konversi pembangkit listrik tenaga diesel ke gas atau gasifikasi dengan kapasitas 598 megawatt (MW), konversi PLTD menjadi PLT EBT berkapasitas 500 MW dan Perluasan jaringan ke sistem terisolasi untuk meniadakan pembangkit listrik tenaga diesel dengan kapasitas 1.070 MW.

Sementara, sisa PLTD berkapasitas 203 MW masih digunakan sebagai sistem black-start saat terjadi pemadaman. "Kami mengakomodasi untuk pelaksanaan secara cepat dan signifikan. Program ini akan mulai dilaksanakan segera mulai tahun ini," ujar Tutuka.

Implementasi dedieselisasi pembangkit diesel menjadi pembangkit gas ditujukan untuk meningkatkan keberlanjutan pasokan energi pembangkit di tengah pasokan dan harga Solar yang saat ini terus berfluktuasi.

Pembangkit listrik berbahan bakar gas dirasa lebih aman dari aspek keberlanjutan sumber daya meningat telah ditemukannya berbagai sumber cadagangan gas baru. Selain itu, program tersebut juga merupakan upaya pemerintah untuk menjalankan komitmen peta jalan menuju Transisi Energi di tahun 2060.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...