Subsidi Motor Listrik Bakal Menghemat Konsumsi BBM 165.000 KL/Tahun

Muhamad Fajar Riyandanu
7 Maret 2023, 17:47
insentif motor listrik, subsidi motor listrik
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Karyawan mengganti baterai sepeda motor listrik di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), Gedung Direktorat Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM), Jakarta, Senin (21/12/2020).

Keputusan pemerintah memberikan insentif senilai Rp 7 juta per unit untuk pengadaan 250 ribu motor listrik dinilai mendatangkan potensi penghematan konsumsi BBM hingga 165.000 kilo liter per tahun. Di saat yang sama, konsumsi listrik akan bertambah senilai Rp 280 miliar per tahun.

Potensi penghematan konsumsi BBM tersebut selanjutnya akan menekan besaran kompensasi BBM bersubsidi, yakni Pertalite, senilai Rp 165 miliar per tahun. Hasil ini merujuk pada hitung-hitungan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF).

Kepala Pusat Pangan, Energi, dan Pembangunan Berkelanjutan INDEF, Abra Talattov mengatakan pemberian insentif yang ditujukan untuk pembelian 200 ribu motor listrik baru dan pengadaan 50 ribu motor konversi berdampak pada pengurangan impor BBM secara signifikan.

"Potensi penghematan kompensasi BBM Pertalite per tahun dengan asumsi 250 ribu unit motor listrik Rp 165 miliar," kata Abra kepada Katadata.co.id melalui pesan singkat pada Selasa (7/3).

Lebih lanjut, Abra juga menyampaikan kebijakan potong harga tersebut juga berimplikasi pada tambahan penjualan listrik sebesar Rp 280 miliar per tahun. Hitung-hitungan itu berangkat dari asumsi sebuah motor listrik mengonsumsi 2,2 kilowatt hour (kWh) per hari atau sekira 660 kwh per tahun.

Besaran konsumsi setrum tahunan pada sebuah motor listrik kemudian dikalkulasikan dengan jumlah motor elektrik hasil insentif sejumlah 250 ribu unit. "Potensi tambahan penjualan listrik untuk 250 ribu motor listrik sekitar 165 megawatt hour (mWh), setara dengan Rp 280 miliar per tahun," ujar Abra.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...