Kapal Tanker BBM Terbakar, Pertamina Pastikan Kargo Pertalite Aman

Happy Fajrian
27 Maret 2023, 17:12
pertamina, bbm, kapal, tanker, pertalite
PT Pertamina International Shipping
PT Pertamina International Shipping (PIS) memastikan kargo BBM jenis yang dibawa kapal MT Kristin yang terbakar di perairan barat Lombok, pada Minggu (26/3/2023), dalam kondisi aman.

PT Pertamina International Shipping tengah menginvestigasi lebih lanjut penyebab terbakarnya kapal tanker MT Kristin di perairan barat Pulau Lombok, pada Minggu (26/3). Adapun kargo BBM jenis Pertalite yang dibawa kapal tersebut dipastikan aman dan tidak ditemukan tumpahan minyak.

“Saat ini PIS fokus untuk pencarian dan keselamatan kru kapal serta investigasi lebih lanjut untuk mengusut tuntas penyebab insiden yang terjadi di kapal tersebut. Titik api berasal dari tambatan bagian depan kapal dan tidak terdampak langsung pada tangki BBM kapal,” kata Corporate Secretary PIS Muh. Aryomekka Firdaus, Senin (27/3).

Kapal MT Kristin merupakan kapal milik PT Hanlyn Jaya Mandiri, yang disewa oleh PIS untuk mengangkut muatan BBM berupa Pertalite ke Integrated Terminal Ampenan dan Fuel Terminal Sanggaran.

“Posisi PIS dalam hal ini adalah sebagai penyewa kapal, di mana dalam perjanjian sewa atau carter, PIS selalu menekankan kepada pemilik kapal untuk mengedepankan aspek HSSE dalam operasional terkait keselamatan kru maupun muatan kargo kapal,” kata Aryomekka.

PIS memastikan setiap pemilik kapal yang menjalin ikatan bisnis dengan PIS untuk bertanggung jawab penuh atas setiap risiko dan kejadian yang bisa berdampak pada keselamatan kru kapal maupun muatan kargo kapal sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.

Setelah api dipadamkan pada Minggu (26/3) pukul 21.00 waktu setempat, PIS bersama dengan tim Pelindo dan Pertamina Trans Kontinental (PTK) melakukan pendinginan untuk mencegah api kembali.

Tim PIS juga telah menyiapkan oil boom sepanjang total 300 meter untuk mengantisipasi jika terjadi tumpahan minyak. Kapal MT Kristin saat ini sedang diproses penarikan keluar atau towing out dari lokasi menuju pelabuhan aman terdekat.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...