Tesla Gandeng CATL Bangun Pabrik di Cina, Khusus Produksi Baterai

Happy Fajrian
10 April 2023, 08:21
tesla, pabrik, cina, shanghai, catl
ANTARA FOTO/REUTERS/Yilei S
Mobil Tesla Model 3 buatan Cina dipajang saat upacara pengiriman di Shanghai Gigafactory milik produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat tersebut di Shanghai, China, Senin (30/12/2019).

Tesla tengah membangun pabrik baru di Shanghai, Cina, yang mampu memprodukso 10.000 megapack baterai kendaraan listrik per tahun. Pabrik Shanghai ditujukan untuk melengkapi produksi pabrik megapack baterai di California, Amerika Serikat (AS).

Mengutip laporan kantor berita Xinhua, rencananya, Tesla akan memulai pembangunan pabrik pada kuartal III tahun ini, dan produksi ditargetkan dimulai pada kuartal II 2024. Adapun produksi baterai dari pabrik tersebut, yang setara dengan 40 gigawatt jam (GWh), akan dipasarkan secara global.

Dengan pabrik baru di Shanghai, Tesla akan memanfaatkan rantai pasokan baterai Cina yang terkemuka di dunia untuk meningkatkan produksi dan menurunkan biaya unit baterai lithium-ion megapack guna memenuhi peningkatan permintaan penyimpanan energi secara global.

“Tesla membuka pabrik Megapack di Shanghai untuk melengkapi produksi pabrik Megapack di California,” kata CEO Tesla, Elon Musk melalui akun Twitternya @elonmusk, Senin (10/7).

Tesla menghasilkan sebagian besar uangnya dari bisnis mobil listriknya, tetapi Elon Musk telah berkomitmen untuk mengembangkan bisnis energi surya dan baterainya dengan ukuran yang kira-kira sama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...