Kilang Dumai Pertamina Beroperasi Kembali Usai Ledakan dan Kebakaran

Happy Fajrian
21 April 2023, 15:20
kilang pertamina, kilang dumai, kebakaran, ledakan
Dok. Pertamina
Ilustrasi, kilang Pertamina.

PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai, Provinsi Riau siap berproduksi dengan kapasitas optimal dengan seluruh unit kilang mulai berangsur normal usai terjadinya ledakan dan kebakaran pada 1 April 2023.

Area Manager Communication, Relations & CSR RU Dumai Agustiawan, menyebutkan karena adanya kejadian pada perpipaan unit kompresor, sejumlah unit sempat mengalami kendala operasional. Di antaranya "Hydrogen" (H2) "Plant"-701 dan 702 serta "Hydrocracking Unit" (HCU)-212 dan 211.

Advertisement

“Kedua unit H2 Plant yang terdampak telah normal beroperasi sejak Kamis (13/4) dan Sabtu (15/4) lalu. Proses start up HCU-212 juga telah dilakukan Sabtu (15/4) lalu. Sedangkan HCU-211 kini dalam proses normalisasi unit,” ujarnya, Jumat (21/4).

"Hydrogen Plant" merupakan unit kilang yang berfungsi untuk memproduksi hidrogen yang nantinya akan digunakan dalam mengolah produk. Sedangkan HCU bertugas untuk memproses fraksi berat untuk dicracking, sehingga menjadi produk bahan bakar minyak bernilai jual tinggi.

Dia menjelaskan pula bahwa kapasitas HCU-212 saat ini sudah sesuai dengan perencanaan operasional dalam rangka satgas Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) Pertamina.

Dengan mulai normalnya unit kilang yang terdampak, kini telah bisa beroperasi untuk menghasilkan produk BBM guna memenuhi kebutuhan energi nasional. “Kami berkomitmen kilang Dumai dapat terus beroperasi dengan optimal serta diberikan kelancaran dan keamanan dalam operasionalnya. Mohon doanya,” ujarnya lagi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement