Kilang Dumai Setop Operasi Usai Kebakaran, Pertamina: Suplai BBM Aman

Muhamad Fajar Riyandanu
4 April 2023, 14:59
kilang pertamina, kilang dumai, kebakaran kilang, pertamina
Dok. Pertamina
Ilustrasi, kilang Pertamina Refinery Unit II.

PT Pertamina menyampaikan bahwa operasional Kilang Dumai akan berhenti sementara hingga 15 April imbas kebakaran yang terjadi pada kilang Pertamina Refinery Unit II di Kota Dumai, Riau pada Sabtu (1/4), malam.

Hal itu ditujukan memudahkan prosesi inspeksi sistem dan perbaikan fasilitas sebelum kegiatan kilang berjalan aktif pada pertengahan bulan mendatang.

"Ada rencana pemulihan unit fasilitas. Operasional kilang secara penuh akan kembali pada 15 April karena Kilang Dumai sampai dengan 15 April nanti tidak akan berproduksi," kata Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional, Taufik Aditiyawarman, saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR, Selasa (4/4).

Kilang Dumai merupakan kilang minyak terbesar ketiga di Indonesia dengan total kapasitas pengolahan minyak mentah sebesar 170 ribu barel per hari (bph). Kilang yang dibangun di atas lahan seluas 356,3 hektare itu berperan dalam pengolahan minyak mentah hingga 16,5% dari total kapasitas kilang Pertamina.

Guna mengatasi dampak pemberhentian Kilang Dumai terhadap arus minyak maupun BBM, Pertamina akan meningkatkan produksi pada kilang-kilang lain. Menurut Taufik, proses pemberhentian operasional Kilang Dumai tidak akan menggangu suplai BBM domestik.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...