Kejar Target 2024, ESDM Minta Progres Smelter Freeport 4% per Bulan

Happy Fajrian
6 Mei 2023, 13:48
smelter freeport, smelter tembaga, esdm, larangan ekspor tembaga
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Zk/aww.
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Smelter Freeport di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/2/2023).

Kementerian ESDM menargetkan proyek smelter tembaga PT Freeport Indonesia di kawasan industri Java Integrated Industrial Port and Estate (JIIPE) Gresik dapat beroperasi pada akhir 2024. Oleh karena itu Menteri ESDM Arifin Tasrif meminta agar Freeport dapat mengejar progres pengerjaan proyek 4% per bulan.

“Progress terakhir Maret 61%, kemudian April diperkirakan 65-66%. Dalam proyek ini Freeport harus berupaya keras untuk bisa mendapatkan kecepatan 4% per bulan, sehingga nanti dapat dilihat realisasinya akhir tahun sebesar 92%,” kata Arifin saat mengunjungi proyek smelter tersebut pada Kamis (4/5), didampingi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Toni Wenas.

Advertisement

Arifin ingin memastikan progres proyek pembangunan smelter tembaga dengan desain single line terbesar di dunia ini dapat sesuai target yang sudah ditetapkan sehingga dapat beroperasi pada Mei 2024 mendatang.

Hingga akhir Maret 2023, kumulatif kemajuan fisik smelter PTFI mencapai 61,5% (sesuai rencana) dengan percepatan progress 4% per bulan. Maka diharapkan progres proyek pembangunan smelter akan mencapai 92% pada akhir tahun ini.

Arifin meminta Freeport untuk menggenjot proses pembangunan smelter agar selesai sesuai target yang ditetapkan. “Kami memang minta supaya bisa diselesaikan di bulan Mei 2024, jadi dari Freeport Indonesia Pak Tony ini menjadi tantangan untuk melakukan adjustment supaya bisa accelerate proyek hingga 2024, memenuhi target yang ada,” lanjutnya.

Smelter Manyar sendiri merupakan fasilitas pemurnian dan pengolahan konsentrat tembaga kedua milik PT FI yang tengah dibangun di kawasan JIIPE Gresik, Jawa Timur dengan luas total sekitar 100 hektare dengan kapasitas pengolahan konsentrat sebesar 1,7 juta ton/tahun.

Pembanguan smelter Manyar oleh PTFI ini merupakan wujud mendukung kebijakan hilirisasi Pemerintah. Smelter Manyar ini merupakan smelter kedua yang dimiliki PT FI setelah smelter pertama telah dibangun PTFI tahun 1996, dan dikelola oleh PT Smelting.

Dengan target yang dicapai saat ini diharapkan penyelesaian konstruksi fisik smelter dapat diselesaikan di akhir Desember 2023, dilanjutkan pre-commissioning dan commissioning hingga bulan Mei 2024 dengan ramp-up operasi diharapkan mencapai operasi penuh pada akhir tahun 2024.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement