Raksasa Migas AS Exxon Pesimistis Dunia Capai Net Zero Emission 2050

Happy Fajrian
22 Mei 2023, 15:17
exxon, net zero emission, exxonmobil, emisi karbon,
Katadata
Pekerja ExxonMobil.

Raksasa minyak dan gas asal Amerika Serikat (AS) ExxonMobil pesimistis dunia dapat mencapai target net zero emission pada 2050. Perusahaan ini menilai peluang untuk mencapai target itu tepat waktu pada 2050 sangat kecil.

Badan Energi Internasional (International Energy Agency/IEA) mengatakan bahwa seluruh kegiatan eksplorasi migas harus dihentikan pada 2021 untuk mencapai target net zero emission pada 2050. Selain itu negara-negara harus meninggalkan bahan bakar fosil dan beralih ke energi terbarukan.

Advertisement

Exxon memperingatkan bahwa pemangkasan produksi energi ke level di bawah tingkat konsumsi, sebagai upaya mendorong pengembangan energi terbarukan dan mencapai target net zero emission, akan berdampak pada harga energi yang lebih tinggi, seperti yang terjadi di Eropa.

“Target net zero emission 2050 IEA tidak memenuhi tingkat kemungkinan yang diperlukan untuk dipertimbangkan dalam laporan keuangan kami. Dunia tidak sedang menuju net zero emission pada 2050,” kata Exxon seperti dikutip dari Oilprice pada Senin (22/5).

“Sangat tidak mungkin masyarakat akan menerima penurunan standar hidup global secara permanen yang dibutuhkan untuk mencapai skenario net zero emission IEA,” kata perusahaan yang berbasis di Texas, AS, ini. “Menurut penilaian IEA sendiri, net zero 2050 tidak mungkin terjadi”.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement