Beli Solar Subsidi Wajib QR Code MyPertamina, Berlaku di 234 Wilayah

Happy Fajrian
25 Mei 2023, 13:03
mypertamina, qr code, pertamina, solar subsidi, bbm bersubsidi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Petugas melayani pemudik saat membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar menggunakan pembayaran melalui Quick Response (QR) Code di SPBU 24.307.167 Jalan Raya Palembang - Jambi KM86, Tanjung Kerang, Sungai Lilin, MuSi Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa (11/4/2023). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memastikan stok BBM dan elpiji di wilayah Sumatera Selatan mencukupi untuk kebutuhan mudik dan Idul Fitri 1444 H.

Pertamina mulai hari ini, Kamis (25/5), menerapkan mekanisme Full QR untuk pembelian solar subsidi di 234 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia. Artinya, masyarakat harus menunjukkan QR Code yang didapat dari pendaftaran subsidi tepat MyPertamina jika ingin membeli solar bersubsidi.

Adapun langkah ini bertujuan untuk menjaga penyaluran solar subsidi yang tepat sasaran sesuai kuota yang telah ditetapkan dan agar penyaluran tercatat dengan baik.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan bahwa Program Subsidi Tepat untuk Solar Subsidi ini bukan hal yang baru, dan saat ini Pertamina Patra Niaga terus mengevaluasi dan melanjutkan tren positif dari program tersebut.

Irto menambahkan bahwa penyaluran solar subsidi sudah diatur dalam Surat Keputusan BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 mengenai Pengendalian Penyaluran Jenis BBM Tertentu, baik kriteria kendaraan dan volume atau kuota hariannya.

“Maka bertahap kami berlakukan Full QR untuk solar subsidi. Ini adalah langkah selanjutnya untuk memastikan masyarakat terbiasa memanfaatkan QR code-nya,” kata Irto dalam keterangan tertulis.

Menurut Irto, Full QR ini memiliki beberapa manfaat bagi pengguna solar subsidi itu sendiri, terutama dalam hal keamanan kuota harian yang berhak dibeli oleh penggunanya, dan sebagai evaluasi atas modus penyalahgunaan oknum tidak bertanggung jawab.

“Ketika skema input nomor polisi masih diperbolehkan, banyak kejadian nomor polisi konsumen sudah digunakan oleh oknum tidak bertanggungjawab. Full QR ini bisa menjadi jawaban, karena semua transaksi benar-benar sesuai dengan scan QR Code,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...