PLN Telah Sebar 569 SPKLU di 237 Lokasi, Jaga Momen Libur Nataru

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Desember 2022, 20:39
spklu, pln, kendaraan listrik, mobil listrik, nataru
ANTARA FOTOFOTO/Kornelis Kaha/aww.
Sejumlah pelajar berjalan di depan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kota Kupang, NTTT, Sabtu (17/9/2022).

PLN telah menyiapkan 569 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk pengemudi mobil listrik yang menjalani masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (nataru) yang tersebar di 237 lokasi di seluruh Indonesia.

Wakil Presiden Eksekutif PLN, Dispriansyah, mengatakan langkah PLN untuk memperbanyak jumlah SPKLU ditujukan untuk memberi rasa nyaman kepada para pengendara mobil listrik yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh.

Adapun ratusan SPKLU tersebut tersebar di berbagai lokasi strategis seperti bank, mal, restoran cepat saji, perkantoran, operator jasa transportasi hingga diler kendaraan bermotor. Bahkan sebanyak 100 unit SPKLU telah dibangun di gerai-gerai restoran cepat saji KFC.

"Kami dari PLN membantu kenyaman masyarakat yang akan menggunakan mobil listrik untuk beraktivitas. Semoga ini membantu kenyamanan masyarakat dalam melakukan pergerakan," kata Dispriansyah dalam konferensi pers posko natal dan tahun baru di Gedung BPH Migas, Senin (19/12).

Pada kesempatan tersebut, Dispriansyah juga mengatakan tingkat konsumsi listrik pada momentum Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 akan meningkat hingga 25% dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut tak terlepas dari kondisi aktivitas masyarakat yang lebih mobil setelah meredanya Pandemi Covid-19.

“Tahun ini kami perkirakan beban Nataru lebih tinggi 6% hingga 25% dibandingkan periode Nataru tahun lalu,” ujarnya.

Guna memperbanyak infrastruktur pendukung kendaraan listrik, PLN menawarkan bisnis waralaba atau franchise SPKLU. Dalam kerja sama ini, PLN menawarkan beberapa pilihan paket waralaba berdasarkan jenis SPKLU, yakni Medium Charging, Fast Charging, hingga Ultra Fast Charging, dengan investasi mulai Rp 342 juta per unit.

Executive Vice President Komunikasi Korporat PLN, Gregorius Adi Trianto, mengatakan prasyarat yang harus dipenuhi adalah para investor wajib menyediakan lahan untuk SPKLU seluas 42 meter persegi.

"Dengan berkolaborasi, PLN terus menambah pengoperasian SPKLU guna mendukung terciptanya ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri," kata Greg melalui pesan singkat pada Selasa (18/10).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait