5 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami menurut Penelitian

Kulit yang terlihat kusam dapat diperbaiki dengan menerapkan cara memutihkan wajah secara alami. Berbagai penelitian telah mendukung penggunaan bahan-bahan berikut.
Image title
4 Oktober 2021, 13:56
Ilustrasi seorang wanita menerapkan cara memutihkan wajah secara alami
Kevin Laminto/Unsplash
Ilustrasi seorang wanita menerapkan cara memutihkan wajah secara alami

Wajah yang cerah mungkin merupakan dambaan bagi banyak orang. Memutihkan wajah bukan berarti mengubah warna kulit, tetapi maksudnya adalah mencerahkan kulit agar tidak terlihat kusam.

Menurut dr. Windy Miryana, Sp.KK seperti dilansir dari liveolive.com, kulit tidak bisa diputihkan dengan perawatan apapun. Epidermis (lapisan kulit) terus membuat sel-sel kulit baru setiap 14-21 hari. Jika kulit mati tidak tereksfoliasi dengan baik, maka wajah akan menjadi kusam.

Kekusaman tersebut yang membuat kulit tampak lebih gelap dari biasanya. Faktor lain seperti paparan sinar matahari juga dapat membuat kulit gelap karena saat terpapar, kulit melepaskan melanin.

Beberapa bahan alami dapat membantu memutihkan wajah agar tidak kusam. Berikut cara memutihkan wajah secara alami dan didukung oleh penelitian ilmiah.

1. Gunakan masker tomat

Tomat dapat memutihkan wajah secara alami karena mengandung vitamin C. Dalam 100 gram tomat, terdapat 13.7 mg vitamin C menurut FoodData Central. Ketika dioleskan, vitamin C mempercepat produksi kolagen yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan kencang.

Ini juga menghambat produksi melanin di kulit, sehingga membantu meringankan hiperpigmentasi dan bintik-bintik coklat, meratakan warna kulit, dan meningkatkan kecerahan kulit.

Tomat juga dapat mengurangi kerusakan akibat paparan sinar UV yang andal, menurut temuan yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology. Menggunakan tomat pada wajah dapat membuat wajah lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam dan bintik hitam.

Untuk membuat masker tomat, campurkan 1/2 buah tomat matang dengan 1 sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Kemudian cuci wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih.

Selain itu, Anda dapat menghancurkan tomat secukupnya hingga halus lalu rendam kapas ke dalamnya kemudian gosokkan kapas secara perlahan pada wajah. Biarkan beberapa menit kemudian bilas area tersebut dengan air hangat.

2. Oleskan air perasan lemon

Kandungan vitamin C dalam lemon dapat memutihkan wajah secara alami. Dilansir dari dermascope.com, air perasan lemon dapat digunakan sebagai bahan pemutih kulit yang efektif.

Lemon biasanya mengandung antara lima hingga delapan persen asam sitrat dan memiliki pH sekitar 2,3 sehingga membuatnya sangat asam. Kadar asam yang tinggi ini juga dikenal sebagai vitamin C.

Sebuah tinjauan medis 2011 yang diterbitkan oleh Oregon State University tentang vitamin C menemukan, sifat antioksidan vitamin C (asam askorbat) dan perannya dalam sintesis kolagen membuat vitamin C menjadi molekul penting untuk kesehatan kulit.

Asam askorbat dari lemon memiliki manfaat efek pada sel kulit untuk membantu mencegah dan mengobati kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) sehingga dapat memutihkan wajah.

Karena keasamannya yang tinggi, air perasan lemon hanya boleh digunakan dalam konsentrasi rendah. Gunakan sebanyak tiga hingga empat kali seminggu untuk menghindari iritasi kulit dan kekeringan berlebih.

Tambahkan beberapa tetes air perasan lemon ke pelembab atau toner harian sebagai cara memutihkan wajah secara alami.

3. Masker kunyit untuk memutihkan kulit

Sebuah studi dalam jurnal “Phytomedicine Volume 25” menemukan, minyak dari kunyit dapat memutihkan kulit dalam waktu tiga minggu dengan hasil yang bertahan lama. Manfaat ini merupakan hasil dari antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi dalam kunyit yang bekerja sama untuk kesehatan alami kulit.

Selain itu, penelitian dalam “Advances in Experimental Medicine and Biology” menjelaskan, kurkumin dalam kunyit berfungsi untuk melindungi kulit dengan memadamkan radikal bebas dan mengurangi peradangan melalui penghambatan faktor nuklir-KB.

Penggunaan kurkumin mampu mengurangi waktu penyembuhan luka pada kulit serta meningkatkan kolagen, fibroblas, dan kepadatan pembuluh darah sehingga meningkatkan penyembuhan luka.

Untuk membuat masker kunyit, cukup campurkan secangkir yogurt tawar dengan satu sendok teh kunyit. Oleskan lapisan merata pada kulit, biarkan selama 10 hingga 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

4. Rutin menggunakan masker madu

Manfaat madu untuk kesehatan tubuh
Manfaat madu untuk kesehatan tubuh (ROMAN ODINTSOV/Pexels)

 

Penelitian dalam jurnal “Integrative Medicine Insights” tahun 2017 menjelaskan, madu mengandung asam alfa-hidroksi dan senyawa bioaktif lainnya yang membantu mengurangi efek pigmentasi berlebihan pada kulit Anda, sehingga dapat memutihkan wajah secara alami.

Madu mentah membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit Anda, yang menjadikannya produk yang bagus untuk digunakan untuk jerawat. Madu Manuka telah dipelajari sebagai produk anti-jerawat dan terbukti secara signifikan lebih efektif daripada produk populer lainnya. Madu mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit Anda.

Para peneliti menyimpulkan, madu memiliki sifat pengelupasan sehingga menggunakannya pada wajah dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit Anda terlihat kusam dan memutihkan wajah secara alami.

Cara membuat masker madu dimulai dengan memeras lemon ke dalam mangkuk lalu tambahkan madu dan aduk rata. Dengan menggunakan kuas, aplikasikan ke wajah dan leher. Diamkan sekitar lima menit lalu cuci bersih dengan air biasa. Ulangi ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

5. Eksfoliasi wajah menggunakan kopi

Bubuk kopi murni dapat digunakan untuk mengeksfoliasi wajah sehingga tampak cerah. Ampasnya tidak larut dalam air sehingga bagus untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

Hasil penelitian dari tahun 2013 dalam jurnal “Analytical Methods” menunjukkan bahwa zat dalam kopi juga membantu meningkatkan kesehatan kulit. Asam caffeic, antioksidan, dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini sel.

Asam caffeic juga memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu melindungi kulit dari kuman. Selain itu, kandungan kafein dapat meningkatkan sirkulasi yang baik sehingga kulit wajah tampak lebih cerah.

Gunakan bubuk kopi dengan gula pasir lalu eksfoliasi wajah secara lembut. Diamkan adonan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar dapat memutihkan wajah secara alami.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait