8 Manfaat Kunyit untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Image title
21 Juli 2021, 18:32
Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh
pixabay.com
Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh.

Selama ini, banyak orang mengenal kunyit sebagai salah satu rempah yang digunakan dalam masakan. Kunyit identik dengan warna kuning yang pekat serta baunya yang khas. Berasal dari tanaman Curcuma longa,  tanaman ini  telah digunakan oleh berbagai negara di Asia selama ribuan tahun sebagai rempah-rempah dan ramuan obat untuk mengobati berbagai penyakit.

Tumbuh dari akarnya, kunyit memiliki sejarah penggunaan kuno dalam memasak, mewarnai kain, kosmetik, dan pengobatan tradisional di Cina dan India. Kunyit mengandung kurkumin, yaitu bahan aktif utama yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan. Rata-rata akar kunyit mengandung 2% hingga 9% kurkumin.

Berikut sejumlah manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh.

1. Mengatasi masalah pencernaan

Berdasarkan artikel oleh Dr. Debjit Bhowmik yang dipublikasikan dalam Scholars Research Library, mencegah perut kembung adalah salah satu manfaat kunyit bagi pencernaan. Kunyit dapat digunakan sebagai antiseptik usus. Rimpang, jus, atau bubuk keringnya, dicampur dalam air putih bisa memperbaiki masalah pencernaan, terutama diare. Untuk mengatasi masalah pencernaan, tuang sekitar 20 tetes jus kunyit mentah ke dalam air, kemudian campur dengan sejumput garam, dan diminum setiap pagi setiap hari dapat menjadi obat yang efektif.

2. Meredakan batuk dan pilek

Kandungan antiseptik dalam kunyit juga bermanfaat untuk meredakan batuk dan pilek, terutama untuk mengatasi batuk kronis dan iritasi tenggorokan. Caranya, ambil setengah sendok teh bubuk kunyit kemudian campur dengan 30 mililiter (ml) susu di dalam panci dan rebus di atas api kecil. Selain dijadikan minuman untuk meredakan batuk, membakar kunyit lalu menghirup asapnya dapat melegakan hidung yang tersumbat sehingga efektif untuk mengatasi pilek.

3. Mengatasi penyakit mata

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports menunjukkan, kunyit dapat mengobati penyakit mata yang merusak saraf optik sehingga menyebabkan kehilangan penglihatan. Penggunaan larutan kunyit menggunakan tetes mata dapat mengurangi penurunan fungsi sel-sel retina, yang diketahui sebagai tanda awal penyakit mata glaukoma. Caranya, sekitar 6 gram bubuk kunyit direbus dalam setengah liter air sampai berkurang setengahnya. Tunggu hingga dingin dan teteskan larutan tersebut setiap dua kali sehari.

4. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung

Sebuah studi oleh Michal Toborek dan Stefan Kaiser dalam jurnal Basic Research in Cardiology menunjukkan, kunyit dapat meningkatkan fungsi endotel, yaitu selaput tipis yang menutupi bagian dalam jantung dan pembuluh darah. Endotel memerankan peran penting dalam mengatur tekanan darah. Fungsi endotel yang lebih rendah dikaitkan dengan penuaan dan peningkatan risiko penyakit jantung. Dengan demikian, kunyit dapat membantu memelihara jantung serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...