10 Makanan Khas Madura yang Menarik untuk Dinikmati

Makanan khas Madura memiliki rasa dan tekstur yang beragam. Penggunaan variasi rempah dalam makanan khas Madura dapat menambah cita rasa yang menarik untuk dicoba.
Image title
11 Oktober 2021, 16:37
Salah satu makanan khas Madura adalah lorjuk, yaitu sejenis kerang yang hidup di pantai di Pulau Madura
fifilio.com
Salah satu makanan khas Madura adalah lorjuk, yaitu sejenis kerang yang hidup di pantai di Pulau Madura

Ragam rempah di Indonesia menghasilkan makanan yang beragam sesuai daerah masing-masing. Dari data Kementerian Perdagangan, jumlah tanaman rempah di Indonesia diperkirakan mencapai 7.000 spesies.

Penggunaan rempah dapat ditemukan dalam berbagai makanan khas Indonesia, termasuk makanan khas Madura. Cita rasanya mampu memikat para pecinta kuliner. Jika berkunjung ke Madura, tak ada salahnya mencoba ragam makanan khas Madura berikut ini.

1. Nasi Serpang

Nasi Serpang adalah makanan khas Madura yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk, seperti tumis kerang pedas, pepes ikan tongkol, soun kecap, krecek tahu, telur asin, dendeng sapi madura, keripik paru, sambal terasi, dan kerupuk bumbu rujak.

Keunikan nasi serpang adalah tidak ada sayur yang digunakan. Selain itu, sambal terasinya memiliki tekstur kasar yang menyerupai petis. Nasi serpang merupakan makanan khas Kota Bangkalan, Madura.

2. Sate Madura

Sate termasuk makanan khas Indonesia yang memiliki variasi sesuai daerah masing-masing. Di Madura, jenis sate yang dijual berbahan dasar daging ayam dan daging kambing. Pada pembuatan sat madura, daging ayam dipotong dadu terlebih dahulu sebelum dipanggang.

Di Madura, sate tidak selalu menggunakan saus kacang tetapi juga saus kemiri. Setelah selesai dipanggang, sate dicelupkan dalam bumbu halus yang ditumis serta dicampur dengan kacang yang telah dihaluskan kemudian ditambahkan kecap manis, terkadang juga ditambahkan petis.

Sate Madura dapat dinikmati dengan nasi hangat atau lontong. Biasanya, pedagang sate Madura juga menyediakan soto Madura dan nasi sebagai pelengkap.

3. Tajin Sobih

Tajin sobih juga dikenal dengan bubur sobih, makanan khas Madura ini berasal dari Desa Sobih, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan. Tajin sobih memiliki cita rasa gurih dan manis dengan isian yang bermacam-macam.

Varian isi tajin sobih disajikan pada panci-panci kecil yang dijadikan satu pada wadah besar yang terbuat dari anyaman bambu. Ada empat jenis dalam isian pada setiap porsi tajin sobih, yaitu:

  • Bubur putih, terbuat dari bahan tepung beras.
  • Bulatan putih, bahan tepung beras, kanji, kelapa parut, santan, dan dibuat bulatan kecil-kecil,
  • Bubur lonjongan coklat, terbuat dari bahan tepung beras, tepung ketan, tepung kanji, gula merah, air, dan dibuat dalam bentuk lonjong.
  • Bubur mutiara, terbuat dari sagu mutiara merah, gula pasir, pandan, tepung kanji, air, dan garam.

Terdapat pilihan kuah dan saus sebagai pelengkap, meliputi:

  • Saus gula coklat, terbuat dari gula jawa, air, dan daun pandan.
  • Kuah santan, terbuat dari santan, daun pandan, garam, sedikit tepung kanji.
  • Kuah putih, terbuat dari bahan tepung beras, santan, tepung kanji, air, dan sedikit garam
  • Kuah cokelat, terbuat dari bahan tepung beras, santan, tepung kanji, gula merah, dan air.

4. Kue Apen Dulit

Makanan khas Madura ini memiliki cita rasa manis. Bahan bakunya terbuat dari tepung beras, santan, ragi, dan kelapa. Kue apen dulit juga dilengkapi saus yang terbuat dari gula merah, jahe, dan kayu manis serta daun pandan.

5. Loopis Emas

Masih seputar jajanan dengan rasa manis, loopis emas adalah makanan khas Madura yang terbuat dari beras ketan. Bentuknya segitiga dan dibungkus daun pisang. Cara menyajikannya diatas pincuk lalu diberi taburan parutan kelapa dan gula merah.

6. Bubur Manggul

Makanan khas Madura ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan, daun salam, dan garam. Ada pula yang menambahkan bumbu rempah, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, lengkuas, kencur, ketumbar, kemiri, dan daun jeruk.

Di Madura, bubur manggul disajikan bersama lontong serta serundeng kelapa dan sambal goreng udang. Rasanya gurih dan pedas. Bubur manggul dijual di sekitar pasar atau warung yang buka pada pagi hari.

7. Lorjuk

Lorjuk adalah sejenis kerang yang hanya hidup di pantai di Pulau Madura. Kerang ini berukuran kecil dan berbentuk panjang seperti Tauge. Teksturnya juga kenyal tapi empuk untuk dikunyah.

Sebelum diolah, lorjuk adalah dibersihkan dan direbus. Saat direbus, lorjuk akan mengeluarkan cairan seperti kaldu yang memiliki cita rasa khas.

Lorjuk yang sudah diolah lalu dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, cangkang lorjuk akan mengelupas dengan sendirinya sehingga mudah untuk dikupas. Lorjuk yang telah dikupas kemudian dijemur lagi selama dua hari.

Pengeringan ini berfungsi untuk mengawetkan secara alami. Lorjuk bisa dimasak dengan ditumis menggunakan kecap dan cabai atau diolah menjadi rengginang lorjuk dan lorjuk goreng.

8. Soto Madura

Soto Madura adalah varian soto dari daerah Madura, Jawa Timur. Makanan khas Madura ini berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge, dengan bumbu ketumbar, bawang merah dan bawang putih, jahe, kunir, laos, kemiri, jeruk purut, dan garam secukupnya.

9. Topak Ladeh

Makanan khas Madura ini adalah sejenis sup yang menggunakan betis sapi. Dagingnya dimasak dengan sejumlah bumbu seperti pala, daun jeruk purut, lengkuas, kencur, dan kayu manis. Topak ladeh biasa disajikan dengan ketupat, kacang panjang, dan tiga jenis tepung yang terbuat dari kerupuk, kedelai, dan udang kecil kering.

10. Kaldu Kokot

Hidangan sup khas Madura ini menggunakan kokot atau kulit sapi dan dicampur dengan organ dalam lainnya. Potongannya direbus bersama kacang hijau dan rempah-rempah khusus, seperti jahe, pala, bawang putih, bawang merah, dan daun bawang. Kaldu kokot disajikan dengan singkong goreng atau kukus.

Demikian ragam makanan khas Madura yang dapat Anda coba. Makanan apa yang paling menarik perhatian Anda?

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait