10 Makanan Khas Madura yang Menarik untuk Dinikmati

Image title
11 Oktober 2021, 16:37
Salah satu makanan khas Madura adalah lorjuk, yaitu sejenis kerang yang hidup di pantai di Pulau Madura
fifilio.com
Salah satu makanan khas Madura adalah lorjuk, yaitu sejenis kerang yang hidup di pantai di Pulau Madura

Ragam rempah di Indonesia menghasilkan makanan yang beragam sesuai daerah masing-masing. Dari data Kementerian Perdagangan, jumlah tanaman rempah di Indonesia diperkirakan mencapai 7.000 spesies.

Penggunaan rempah dapat ditemukan dalam berbagai makanan khas Indonesia, termasuk makanan khas Madura. Cita rasanya mampu memikat para pecinta kuliner. Jika berkunjung ke Madura, tak ada salahnya mencoba ragam makanan khas Madura berikut ini.

1. Nasi Serpang

Nasi Serpang adalah makanan khas Madura yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk, seperti tumis kerang pedas, pepes ikan tongkol, soun kecap, krecek tahu, telur asin, dendeng sapi madura, keripik paru, sambal terasi, dan kerupuk bumbu rujak.

Keunikan nasi serpang adalah tidak ada sayur yang digunakan. Selain itu, sambal terasinya memiliki tekstur kasar yang menyerupai petis. Nasi serpang merupakan makanan khas Kota Bangkalan, Madura.

2. Sate Madura

Sate termasuk makanan khas Indonesia yang memiliki variasi sesuai daerah masing-masing. Di Madura, jenis sate yang dijual berbahan dasar daging ayam dan daging kambing. Pada pembuatan sat madura, daging ayam dipotong dadu terlebih dahulu sebelum dipanggang.

Di Madura, sate tidak selalu menggunakan saus kacang tetapi juga saus kemiri. Setelah selesai dipanggang, sate dicelupkan dalam bumbu halus yang ditumis serta dicampur dengan kacang yang telah dihaluskan kemudian ditambahkan kecap manis, terkadang juga ditambahkan petis.

Sate Madura dapat dinikmati dengan nasi hangat atau lontong. Biasanya, pedagang sate Madura juga menyediakan soto Madura dan nasi sebagai pelengkap.

3. Tajin Sobih

Tajin sobih juga dikenal dengan bubur sobih, makanan khas Madura ini berasal dari Desa Sobih, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan. Tajin sobih memiliki cita rasa gurih dan manis dengan isian yang bermacam-macam.

Varian isi tajin sobih disajikan pada panci-panci kecil yang dijadikan satu pada wadah besar yang terbuat dari anyaman bambu. Ada empat jenis dalam isian pada setiap porsi tajin sobih, yaitu:

  • Bubur putih, terbuat dari bahan tepung beras.
  • Bulatan putih, bahan tepung beras, kanji, kelapa parut, santan, dan dibuat bulatan kecil-kecil,
  • Bubur lonjongan coklat, terbuat dari bahan tepung beras, tepung ketan, tepung kanji, gula merah, air, dan dibuat dalam bentuk lonjong.
  • Bubur mutiara, terbuat dari sagu mutiara merah, gula pasir, pandan, tepung kanji, air, dan garam.

Terdapat pilihan kuah dan saus sebagai pelengkap, meliputi:

  • Saus gula coklat, terbuat dari gula jawa, air, dan daun pandan.
  • Kuah santan, terbuat dari santan, daun pandan, garam, sedikit tepung kanji.
  • Kuah putih, terbuat dari bahan tepung beras, santan, tepung kanji, air, dan sedikit garam
  • Kuah cokelat, terbuat dari bahan tepung beras, santan, tepung kanji, gula merah, dan air.

4. Kue Apen Dulit

Makanan khas Madura ini memiliki cita rasa manis. Bahan bakunya terbuat dari tepung beras, santan, ragi, dan kelapa. Kue apen dulit juga dilengkapi saus yang terbuat dari gula merah, jahe, dan kayu manis serta daun pandan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...