6 Tempat Wisata di Malang untuk Rekreasi Keluarga

Image title
27 September 2021, 12:50
Pantai Batu Bengkung, salah satu tempat wisata di Malang, Jawa Timur
wikipedia.org
Pantai Batu Bengkung, salah satu tempat wisata di Malang, Jawa Timur

Kota Malang merupakan salah satu daerah otonom dan merupakan kota besar kedua di Jawa Timur setelah Kota Surabaya. Dari segi geografis, Malang menyajikan keindahan alam daerah sekitarnya.

Wisata alam di Malang cukup populer karena kawasan ini berada di daerah pegunungan. Terdapat Pegunungan Tengger yang berada di sebelah timur, Gunung Kawi dan Kelud berada di sebelah barat serta Gunung Arjuna dan Welirang di bagian utara.

Berdasarkan Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kabupaten Malang memiliki iklim tropis dengan suhu antara 18,25 C sampai dengan 31,45 C (suhu rata-rata dari empat stasiun pengamat cuaca antara 23 C sampai 25 C).

Alam yang indah serta udara yang sejuk membuat Malang sebagai tempat wisata andalan yang ramai dikunjungi. Jika Anda berencana datang ke Malang, jangan lewatkan tempat wisata di Malang berikut ini.

1. Batu Flower Garden

Batu Flower Garden dibuka untuk umum pada bulan Desember 2016. Wisata ini dibangun di atas kawasan Perhutani di lereng gunung Panderman dengan ketinggian 1.100 – 1.200 mdpl.

Sejak berdirinya Batu Flower Garden hingga kini, ada 33 spot selfie menarik. Beberapa di antaranya termasuk Flower Garden, Sepeda Udara, Eskimo, dan Hammock Garden. Selain spot selfie, pengunjung dapat istirahat dan bersantap di dua kafe, yaitu 'Flower Café' dan 'Selfie Café'.

Pada tahun 2017, Batu Flower Garden berhasil meraih juara 1 kategori wisata buatan pada acara Anugerah Wisata Jawa Timur 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Saat memasuki kawasan Batu Flower Garden, pengunjung dapat memarkir kendaraannya di tempat yang telah disediakan, kemudian membeli tiket dan berjalan kaki sejauh 800 meter untuk sampai ke spot foto sambil menikmati pemandangan.

Pengunjung juga dapat menggunakan ojek yang disediakan untuk mengantar pengunjung ke spot tersebut dengan biaya tertentu.

2. Pantai Gatra

Pantai Gatra merupakan wisata alam Malang Selatan yang terletak di Sitiarjo. Meskipun Pantai Gatra terletak di daerah terpencil, wisatawan dapat dengan mudah mengakses pantai dengan bantuan penduduk desa.

Sebagai informasi, terdapat hutan lindung di kawasan pantai Gatra. Ombaknya tergolong kecil sehingga wisatawan dapat berenang dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut.

Pemandangan alam di pantai Gatra sangat indah dengan suasana yang nyaman. Banyak orang datang ke lokasi untuk berkemah. Mereka dapat membawa peralatan atau menyewanya dari pos layanan yang tersedia.

Sebagai kawasan hutan lindung, tidak ada yang diizinkan merusak lingkungan saat menjelajahi pantai Gatra. Meskipun membawa dan memakan makanan diperbolehkan, wisatawan harus membuang sampah pada tempatnya.

3. Perkebunan Teh Wonosari

Wisata Perkebunan Teh Wonosari terletak di lereng Gunung Arjuna, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Perkebunan ini terletak di ketinggian antara ketinggian 950-1250 dengan suhu antara 19-26 derajat Celcius.

Perkebunan ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang kopi, kakao, karet, teh, dan hortikultura. Perkebunan Teh Wonosari merupakan salah satu tempat yang nyaman untuk dikunjungi karena kondisi iklim yang sejuk dan keindahan alam di sekitar lapangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement