Efek Samping Minum Kopi Bagi Wanita dan Pria yang Patut Diwaspadai

Kopi menjadi minuman populer yang banyak digemari. Meskipun banyak memiliki manfaat, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, efek samping minum kopi bisa menyebabkan gangguan kesehatan.
Image title
7 September 2021, 12:10
Efek Samping Minum Kopi Bagi Wanita dan Pria yang Patut Diwaspadai
ANTARA FOTO/Fauzan/pras.
Sajian kopi koya, kopi khas Minahasa, Sulawesi Utara/

Siapa yang tidak mengenal kopi? Minuman dengan cita rasa dan aroma khas ini memang sudah populer sejak dahulu. Tren minum kopi semakin meningkat seiring banyaknya kedai kopi di berbagai tempat. 

Menurut Databoks, diketahui konsumsi kopi domestik di Indonesia terus meningkat sejak 2014 hingga 2019. Bahkan, periode 2018 – 2019 konsumsi kopi domestik mencapai 4.800 kantong berkapasitas 60 kilogram (kg).

Hal itu membutikan, kopi menjadi minuman yang banyak dikonsumsi. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun mengonsumsi kopi berlebihan bisa menyebabkan efek samping bagi kesehatan. Apa saja efek samping minum kopi? Berikut penjelasannya.

Efek Samping Minum Kopi bagi Wanita

Mengonsumsi kopi berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Efek samping minum kopi secara berlebih pada wanita juga akan memberikan berbagai dampak, sebagaimana dilansir dari klikdokter.com. Berikut penjelasannya.

Advertisement

1. Menyebabkan tulang keropos

Wanita yang terlalu banyak mengonsumsi kopi memiliki risiko tulang keropos. Hal ini dikarenakan, kafein yang ada pada kopi bisa memengaruhi kesehatan tulang dan menurunkan penyerapan kalsium. Jika Anda mengonsumsi kopi dengan susu atau sumber kalsium lain, maka kebaikan kalsium tersebut tidak bisa diserap secara sempurna. Konsumsi kopi lebih dari tiga cangkir setiap harinya, bisa meningkatkan risiko pengeroposan tulang.

2. Berpotensi meningkatkan gangguan kecemasan dan panik

Efek samping minum kopi bagi wanita selanjutnya yaitu bisa menyebabkan panik dan cemas. Kopi diketahui bisa membuat frekuensi denyut nadi meningkat, hal tersebutlah yang bisa menjadi pemicu kepanikan.

3. Gangguan kesuburan

Konsumsi kopi yang terlalu berlebih berpotensi menyebabkan efek kurang baik pada organ reproduksi wanita. Ada beberapa masalah kesehatan organ reproduksi, seperti gangguan pada tuba falopi dan endometriosis yang disebabkan oleh konsumsi kopi berlebih. Endometriosis merupakan penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya jaringan di lapisan dalam dinding rahim pada bagian luar rongga rahim. Kondisi inilah yang bisa mempengaruhi kesuburan wanita.

4. Meningkatkan risiko keguguran

Efek samping minum kopi lainnya saat dikonsumsi terlalu banyak yaitu meningkatkan risiko keguguran. Bukan hanya itu, ibu hamil yang terlalu sering mengonsumsi kopi juga berpotensi melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

Efek Samping Minum Kopi bagi Pria

Efek samping minum kopi tidak hanya dirasakan para wanita, namun pria juga bisa terkena dampak negatif mengonsumsi kopi berlebihan. Menurut penjelasan hellosehat.com, beberapa efek samping minum kopi bagi pria seperti berikut:

1. Gangguan dan kerusakan struktur sperma

Sel sperma memiliki struktur yang terbagi atas kepala, leher, dan ekor. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi bisa menyebabkan gangguan hingga kerusakan pada struktur tersebut. Jika struktur sperma rusak, maka berisiko menyebabkan janin hasil pembuahan mengalami kelaninan genetik.

2. Menurunkan kualitas dan jumlah sperma

Efek samping minum kopi selanjutnya yaitu bisa menyebabkan penurunan jumlah sperma dan mempengaruhi tingkat kekentalan air mani saat ejakulasi. Hal ini berdampak pula pada peluang kehamilan. Jika sperma memiliki kualitas rendah, maka peluang kehamilan menjadi semakin kecil.

3. Pemicu radikal bebas

Konsumsi kafein dalam jumlah banyak bisa menyebabkan kadar radikal bebas di dalam tubuh meningkat. Radikal bebas ini yang bisa menyebabkan pematangan serta pembentukan bagian-bagian sperma menjadi terganggu.

Bahaya Minum Kopi Terlalu Sering

Selain efek samping yang sudah dijelaskan sebelumnya, kopi yang dikonsumsi terlalu sering juga bisa menimbulkan berbagai bahaya kesehatan. Melansir dari hellosehat.com, ada beberapa bahaya minum kopi yang mengancam kesehatan tubuh. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Menggangu aktivitas harian

Kopi memang terkenal sebagai obat kantuk. Dengan mengonsumsi kopi, selain rasa kantuk hilang, otak akan lebih fokus. Namun, konsumsi kopi di waktu yang tidak tepat justru bisa menggangu aktivitas harian. Saat mengonsumsi kopi di sore atau malam hari, maka berisiko menyebabkan sulit tidur.

Konsumsi kopi yang terlalu sering juga bisa menyebabkan kecanduan. Saat sudah kecanduan kopi, maka sekali saja tidak minum kopi maka tubuh akan memberikan respon negatif seperti sakit kepala, memperburuk mood, hingga kebingungan.

2. Pemicu asam lambung

Kopi memiliki rasa yang asam, sehingga jika dikonsumsi terlalu sering bisa menyebabkan luka hingga masalah pada lambung. Jika kopi diminum saat perut kosong, maka akan menyebabkan asam lambung naik.

3. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Bahaya minum kopi terlalu sering lainnya yaitu menyebabkan risiko penyakit jantung. Sebuah studi menjelaskan bahwa dua cangkir kopi atau lebih yang dikonsumsi setiap hari bisa menyebabkan risiko penyakit jantung.

4. Menyebabkan masalah gigi

Kopi biasanya diminum umumnya memiliki kandungan gula dan tanin yang rasanya asam. Kedua zat tersebut bisa menyebabkan lapisan pelindung gigi terkikis. Selain itu, kopi dapat menyebabkan warna gigi menjadi kekuningan dan plak semakin menempel di gigi.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait