15 Drama Korea Terbaik dengan Rating Tinggi Beserta Sinopsis

Rekomendasi drama Korea terbaik dengan rating tinggi ini dapat dijadikan pedoman dan pertimbangan untuk menentukan pilihan.
Image title
18 Oktober 2021, 16:14
Poster \"Reply 1988\", salah satu drama Korea terbaik
hancinema.net
Poster \"Reply 1988\", salah satu drama Korea terbaik

Pilihan genre yang disajikan dalam drama Korea sangat bervariasi. Kemampuan para pemerannya juga baik dan ceritanya ditulis dengan detail dan kompleks. Nonton drama Korea merupakan aktivitas pilihan untuk bersantai bagi sebagian orang.

Banyaknya drama Korea yang tersedia dapat membingungkan. Oleh sebab itu, jika Anda sedang mencari tontonan, daftar drama Korea terbaik ini mungkin dapat membantu.

Daftar ini disusun berdasarkan peringkat di IMDb (Internet Movie Database). Pengguna dan kritikus yang terdaftar dalam IMDb dapat memberikan suara (dari 1-10) pada setiap judul yang dirilis.

Suara individu kemudian dikumpulkan dan diringkas sebagai satu peringkat IMDb, terlihat di halaman utama judul. Angka satu artinya terburuk dan angka 10 artinya terbaik. Rating tersebut membantu agar penonton dapat mengetahui kualitas film dan serial.

Advertisement

Berikut rekomendasi drama Korea terbaik dengan rating tinggi beserta sinopsis.

1. Reply 1988

Rating IMDb: 9.1

Penghargaan: Baek Sang Art Awards, APAN Star Awards

“Reply 1988” adalah drama Korea terbaik yang membagi fokus cerita antara remaja dan orang tua mereka. Drama ini menampilkan perjuangan mereka untuk mengatasi masalah yang dapat dan bagaimana mereka tumbuh melalui semua rintangan.

Drama Korea ini mengisahkan lima teman masa kecil yang tinggal di Ssangmundong, Seoul. Mereka saling membantu satu sama lain untuk bertahan. Sung Deok Sun berjuang untuk mendapatkan perhatian sebagai anak tengah dalam keluarga miskinnya sambil memikul beban sebagai peringkat ke-999 di sekolah.

Kim Jung Hwan adalah anggota ekstrakurikuler sepak bola yang berasal dari keluarga kaya. Sung Sun Woo adalah siswa teladan, ketua OSIS, dan putra yang peduli dan dapat diandalkan dalam keluarganya.

Ryu Dong Ryong adalah seorang kutu buku yang tahu lebih banyak tentang perempuan dan kehidupan daripada teman-temannya yang lain, tetapi nilai akademiknya buruk. Choi Taek adalah pemain baduk jenius yang putus sekolah untuk menjadi profesional.

Orang tua mereka juga bersahabat dan saling membantu. Drama ini menampilkan permasalahan hidup serta pelajaran berharga tentang persahabatan. 

2. My Mister

Rating IMDb: 9.1

Penghargaan: APAN Star Awards, Baek Sang Art Awards, The Seoul Awards

Drama Korea terbaik selanjutnya adalah “My Mister”. Mengisahkan tentang Park Dong Hoon, seorang insinyur paruh baya yang menikah dengan pengacara Kang Yoon Hee. Namun, hidupnya tidak begitu bahagia karena dia memiliki dua saudara lelaki yang menganggur, yaitu Sang Hoon dan Gi Hoon. Istrinya diam-diam berselingkuh dengan Do  Joon-Young.

Sementara itu, Ji-An hidup dalam situasi yang sulit. Dia merawat neneknya yang tidak bisa bergerak sendiri. Ji-An juga terlilit hutang dan diganggu oleh rentenir Gwang-Il. Dia bekerja sebagai karyawan sementara di perusahaan konstruksi yang sama dengan Dong-Hun.

Suatu hari, dia melihat Dong-Hun menerima 50 juta won. Dia kembali ke kantor larut malam dan mengambil sertifikat hadiah dari meja Dong-Hun dan mencoba melunasi hutang, tetapi rencananya tidak berhasil.

Ji-An mengetahui bahwa Joon-Young, Wakil Presiden perusahaan, berselingkuh dengan istri Dong-Hun. Dia pergi ke Joon-Young dan menawarkan untuk membuat Dong-Hun meninggalkan perusahaan jika dia mau membayarnya.

3. Hometown Cha-Cha-Cha

Drama Korea Terbaru 2021
Drama Korea “Hometown Cha-Cha-Cha” (TvN)

Rating IMDb: 9.0

Drama Korea berjudul “Hometown Cha-Cha-Cha” menyajikan kisah cinta yang berlatar di desa tepi laut bernama Gongjin. Karakter utama dalam drama Korea terbaik ini adalah Yoon Hye Jin, seorang dokter gigi yang cantik dan berbakat. Dia tampaknya memiliki kehidupan yang sempurna.

Tetapi, Yoon Hye Jin menemukan rencana hidupnya berubah menjadi berantakan. Setelah berbagai rintangan, dia pindah ke Gongjin dan bertemu dengan Hong Doo Shik yang juga disebut Kepala Hong oleh penduduk setempat.

Dia menganggur tetapi melakukan berbagai pekerjaan sambilan. Kepala Hong membantu semua orang di Gongjin dengan situasi apa pun yang dihadapi. Perlahan, tumbuh perasaan antara Yoon Hye Jin dan Hong Du-sik.

Dalam drama Korea ini, karakter ditulis secara realistis dan dewasa. Alurnya disajikan dengan sangat baik sehingga tidak ada bagian yang membosankan. Situasi dan perjuangan para karakter menampilkan kisah inspiratif dan mengharukan.

4. Yumi’s Cell

Rating IMDb: 8.9

“Yumi’s Cell” menceritakan kisah lucu dan unik. Drama Korea terbaik ini menyorot sistem tubuh manusia. Tokoh utama Kim Yoo Mi mungkin tampak seperti wanita pekerja lajang. Tetapi, di balik penampilan biasa itu ada sesuatu yang benar-benar luar biasa.

Setelah mengalami perpisahan yang menyakitkan, sel-sel cinta Yoo Mi mengalami koma. Sementara sel-sel lain di sekitarnya bekerja keras untuk menghidupkan kembali rekannya. Dengan hati yang masih hancur dan tidak ada prospek romantis, sel-sel cinta Yoo Mi mungkin berada dalam masalah serius.

Lalu Goo Woong tiba-tiba muncul. Ia adalah seorang pengembang gim yang terhambat secara emosional. Goo Woong tidak tahu bagaimana mengungkapkan perasaannya. Tetapi, setelah bertemu Yoo Mi, dia mendapati dirinya ingin mencoba mengungkapkannya.

Drama Korea “Yumi’s Cell” mengisahkan romansa yang menyejukkan. Penonton juga dapat mengenal sistem tubuh manusia dengan karakter berupa sel-sel yang berperan untuk kesehatan.

5. Mr. Sunshine

Rating IMDb: 8.8

Sinopsis:

Salah satu deretan drama Korea terbaik adalah “Mr. Sunshine”. Drama ini mengisahkan seorang anak laki-laki yang lahir dalam keluarga pembantu rumah tangga dan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat selama 1871 Shinmiyangyo (ekspedisi AS ke Korea).

Dia kembali ke tanah airnya nanti sebagai perwira marinir AS lalu bertemu dan jatuh cinta dengan putri seorang bangsawan. Pada saat yang sama, ia menemukan plot oleh pasukan asing untuk menjajah Korea.

6. Hospital Playlist

Hospital Playlist 2
Drama Korea "Hospital Playlist" (hancinema.net)

 

Rating IMDb: 8.8

“Hospital Playlist” adalah salah satu drama Korea terbaik tahun 2020-2021. Ceritanya berkisar pada 5 teman yang bekerja sama di Yulje Medical center. Ini adalah drama medis yang dibuat dengan baik dengan kombinasi romansa dan drama.

Kelima dokter berusia 40-an ini telah berteman baik sejak mereka masuk sekolah kedokteran pada tahun 1999 dan menjadi akrab karena kecintaan mereka pada musik.

7. Mr. Queen

Rating IMDb: 8.8

Dalam drama Korea terbaik ini, Jang Bong Hwan adalah seorang koki yang bekerja untuk politisi top negara di Blue House. Dia memiliki roh yang berkelana, tetapi rohnya entah bagaimana pindah ke dalam tubuh Ratu Cheorin pada periode Joseon.

Raja Cheoljong, raja yang memerintah, adalah orang yang lembut dan santai. Namun, dia hanya raja dalam nama. Ratu Sunwon, istri mendiang Raja Sunjo, yang memegang kekuasaan sejati di negara ini dan telah menurunkan Raja Cheoljong menjadi boneka.

Adiknya yang ambisius, Kim Jwa Geun, juga menginginkan kekuasaan. Ratu Cheorin segera mengetahui bahwa Raja Cheoljong tidak seperti yang terlihat dan dia memiliki sisi gelap yang mencurigakan.

8. Navillera

Rating IMDb: 8.8

Dalam drama Korea “Navillera”, seorang pria berusia 70 tahun dan seorang pria berusia 23 tahun saling mendukung untuk keluar dari kenyataan pahit dan bangkit menghadapi tantangan menjadi penari balet

Shim Deok Chool sudah lama bermimpi bisa menari balet. Dia berusia 70 tahun dan pensiun dari pekerjaannya sebagai pegawai kantor pos. Situasinya mengharukan ia untuk mengesampingkan mimpinya dan bekerja seperti biasa untuk menghidupi keluarganya.

Sekarang, Shim Deok Chool membuat keputusan untuk mengejar mimpinya lagi. Keluarganya tidak senang dengan keputusannya. Tetapi, ia tidak goyah. Dia bergabung dengan perusahaan balet dan bertemu Lee Chae Rok.

Lee Chae Rok adalah seorang pria berusia 23 tahun. Dia terbiasa berolahraga tetapi tidak berbakat dalam aktivitas itu. Dia kemudian menjadi tertarik pada balet. Ibunya adalah seorang penari balet, tetapi meninggal saat ia masih muda dan ayahnya bangkrut.

Lee Chae Rok mengetahui bahwa dia memiliki bakat balet. Tetapi, ia  mengalami kesulitan secara finansial. Melalui masa-masa sulit, keinginannya untuk menari balet memudar. Lalu semua berubah ketika ia bertemu Sim Deok Chool.

9. The Great Queen Seondeok

Rating IMDb: 8.8

Penghargaan: Baek Sang Art Awards, MBC Drama Awards, Seoul International Drama Awards

Salah satu drama Korea terbaik bertema sejarah adalah “The Great Queen Seondeok”. Diceritakan dalam drama ini, Ratu Seondeok yang terlahir sebagai putri, dibesarkan di antara rakyat jelata dan mengatasi banyak cobaan untuk menjadi penguasa Silla.

Drama Korea ini dipenuhi aksi, humor, intrik, dan romansa berlatar kerajaan Silla di Korea kuno. Deokman dipisahkan dari keluarganya saat lahir dan dibesarkan di pengasingan di gurun terpencil Cina.

Di sana, dia belajar kebijaksanaan dan cinta yang dia perlukan dalam perjalanan panjangnya kembali ke Korea. Dalam kisah humor dan kesedihan, Deokman mendapatkan kesetiaan dari para pengungsi, penipu, dan pejuang Hwarang terhebat di zamannya.

Bersama-sama, mereka melawan musuh di tanah airnya. Tetapi, bisakah mereka mengalahkan musuh dari dalam? Mistisisme kuno, politik, dan aksi yang mendebarkan berpadu dalam drama histori Korea ini.

10. It's Okay to Not Be Okay

Drama Korea “It’s Okay to Not Be Okay”
Drama Korea “It’s Okay to Not Be Okay” (hancinema.net)

 

Rating IMDb: 8.7

Penghargaan: APAN Star Awards, Asia Artist Awards, Baek Sang Art Awards

“It’s Okay to Not Be Okay” adalah salah satu drama Korea terbaik yang mengangkat isu kesehatan mental. Moon Gang Tae adalah seorang pekerja kesehatan komunitas di bangsal psikiatri yang diberkati dengan kecerdasan, kemampuan untuk bersimpati dengan orang lain, kesabaran, kemampuan untuk bereaksi dengan cepat, stamina, dan banyak lagi.

Sementara itu, Ko Moon Young adalah seorang penulis sastra anak populer yang menderita gangguan kepribadian antisosial, tampak sangat egois, arogan, dan kasar.

Moon Gang Tae menyangkal cinta dan Ko Moon Young tidak mengetahuinya. Keduanya menentang takdir tetapi jatuh cinta, menemukan jiwa dan identitas mereka dalam prosesnya. Keduanya perlahan mulai menyembuhkan luka emosional satu sama lain.

11. The Flower of Evil

Rating IMDb: 8.7

Penghargaan: Asia Artist Awards, Baek Sang Art Awards

“The Flower of Evil” menceritakan kisah Baek Hee Sung yang menyembunyikan rahasia gelap seputar identitas aslinya, ia telah membangun kehidupan berkeluarga yang bahagia dan karier yang sukses.

Dia adalah seorang suami yang penuh kasih dan ayah yang mencintai putrinya. Tapi fasadnya yang sempurna mulai runtuh ketika istrinya, Cha Ji Won, seorang detektif pembunuhan, mulai menyelidiki serangkaian pembunuhan berantai dari 15 tahun yang lalu.

Ji Won menyadari perubahan perilaku Hee Sung dan mulai bertanya-tanya apakah dia mungkin menyembunyikan sesuatu darinya.

12. Crash Landing on You

Drama Korea Crash Landing On You (2019)
Drama Korea Crash Landing On You (2019) (TvN)

 

Rating IMDb: 8.7

Penghargaan: Asian Academy Creative Awards, Baek Sang Art Awards, Seoul International Drama Awards

Dalam drama Korea terbaik ini, pewaris Korea Selatan, Yoon Se Ri, mendarat di Korea Utara setelah mengalami kecelakaan paralayang. Di sana, dia bertemu dengan perwira tentara Korea Utara bernama Ri Jung Hyuk, yang setuju untuk membantunya kembali ke Korea Selatan.

Meskipun ada ketegangan antara negara mereka, keduanya mulai jatuh cinta dengan satu sama lain.

13. Move to Heaven

Rating IMDb: 8.6

Drama Korea “Move To Heaven” terinspirasi dari sebuah esai berjudul “Things You Left Behind” karya Kim Sae-byeol. Dalam esainya, ia menceritakan berbagai pengalaman selama bekerja sebagai pembersih TKP (tempat kejadian perkara).

“Move to Heaven” menceritakan kisah Geu Roo, seorang pemuda autis yang bekerja sebagai pembersih TKP bersama ayahnya, Han Jeong-U. Bisnis mereka dinamakan Move To Heaven.

Suatu hari, ayah Geu Roo meninggal, menjadikan Geu Roo seorang yatim piatu karena ibunya juga telah lama meninggal. Berdasarkan wasiat ayahnya, hak asuh Geu Roo diserahkan kepada pamannya, Sang Koo.

Sang Koo adalah pria yang dingin dan mantan narapidana. Sebelum masuk penjara, dia adalah seorang seniman bela diri yang bertarung dalam pertandingan ilegal yang akhirnya membawa petaka dan berakhir dengan hukuman penjara.

Setelah bebas, pengacara yang mewakili Han Jeong-U memberi wasiat untuk Sang Koo agar menjadi wali Geu Roo. Mereka menjalankan Move To Heaven bersama-sama. Namun, masa lalu Sang Koo menempatkan mereka dalam bahaya.

“Move to Heaven” kayak menjadi drama Korea terbaik karena penyajian kisah yang inspirasional dan menyentuh hati. Narasinya ditulis secara realistis dengan perpaduan adegan mengharukan serta humor.

14. Vincenzo

Rating IMDb: 8.5

“Vincenzo” adalah drama Korea terbaik yang berkisah tentang mafia Italia yang mencari emas. Namun, niatnya berubah dan musuh-musuhnya muncul saat dia bertarung melawan konglomerat jahat bernama Babel.

Dalam drama Korea “Vincenzo”, Park Joo Hyeong pergi ke Italia setelah diadopsi pada umur delapan tahun oleh Don Fabio, kepala Keluarga Cassano. Ia berganti nama menjadi "Vincenzo Cassano" dan berprofesi sebagai pengacara, petugas untuk mafia, dan tangan kanan Don Fabio.

Karena faksi mafia berperang satu sama lain, dia melarikan diri ke Korea Selatan dan terlibat dengan pengacara bernama Hong Cha Young. Ia adalah tipe pengacara yang akan melakukan apa saja untuk memenangkan sebuah kasus.

15. Prison Playbook

Rating IMDb: 8.4

Penghargaan: The Seoul Awards

Dalam drama Korea “Prison Playbook”, Kim Je Hyuk adalah seorang pemain bisbol terkenal yang ditangkap setelah menggunakan kekuatan berlebihan saat mengejar seorang pria yang mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap saudara perempuannya.

Dia dijatuhi hukuman satu tahun penjara dan membuat masyarakat Korea Selatan terkejut. Di sana, ia bertemu teman masa kecilnya dan sesama pemain bisbol, Lee Joon Ho, yang menyerah setelah kecelakaan mobil.

Drama ini berkisah tentang waktu Je Hyuk di penjara, serta para tahanan yang dia temui dan peristiwa yang terjadi di sana.

Demikian ulasan dan sinopsis tentang drama Korea terbaik dengan rating tinggi.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait