10 Obat Batuk Kering Alami Berdasarkan Penelitian

Image title
9 Maret 2022, 08:39
Ilustrasi seorang wanita menderita batuk. Batuk kering adalah batuk yang tidak berlendir. Beberapa obat batuk kering alami yang dapat dicoba yaitu madu, jahe, kunyit, lemon, nanas, dan berkumur dengan air garam.
Africa Studio/stock.adobe.com
Ilustrasi seorang wanita menderita batuk

Batuk kering merupakan batuk yang tidak berdahak sehingga disebut juga batuk tidak produktif. Batuk kering dapat menyebabkan iritasi dan luka pada tenggorokan sehingga terasa sakit dan gatal, akibatnya suara menjadi serak dan bahkan hilang.

Mengutip Healthline, penyebab batuk kering meliputi alergi, asma, dan obat-obatan. Beberapa pilihan obat batuk dapat membantu meringankan dan menyembuhkan batuk kering, mulai dari obat alami hingga obat resep.

Obat batuk kering alami dapat menjadi pilihan karena berasal dari tumbuhan dan umumnya mudah didapatkan. Beragam penelitian mendukung jenis-jenis tanaman dan sumber alami lainnya untuk meredakan batuk kering.

Berikut pilihan obat batuk kering alami yang dapat dicoba.

1. Madu

Madu merupakan obat batuk kering alami yang diproduksi oleh lebah. Madu terasa manis dengan tekstur kental dan berwarna coklat keemasan.

Berdasarkan temuan dalam jurnal BMJ Evidence Based Medicine, madu efektif mengatasi batuk kering, terutama mengurangi frekuensi dan keparahan batuk. Madu juga membantu mengurangi batuk pada malam hari dan meningkatkan kualitas tidur.

Cara menggunakan madu untuk mengobati batuk dilakukan dengan mencampur dua sendok teh madu dengan air hangat. Minum campuran ini sekali hingga dua kali sehari. Jangan berikan madu untuk anak berusia kurang dari satu tahun karena berisiko menimbulkan botulisme, yaitu bentuk keracunan makanan yang langka namun serius.

2. Jahe

Jahe digunakan sebagai obat batuk kering alami karena memiliki sifat anti inflamasi. Penelitian dalam American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology menunjukkan, senyawa anti inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara untuk mengurangi batuk kering.

Untuk mengonsumsi jahe, Anda dapat membuat wedang jahe dengan mendidihkan air panas dan tambahkan 20-40 gram irisan jahe segar. Biarkan selama beberapa menit sebelum disajikan. Tambahkan madu atau perasan lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih menenangkan batuk.

Dalam beberapa kasus, jahe seduh dapat menyebabkan sakit perut atau mulas sehingga perlu diwaspadai.

3. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, yaitu senyawa yang berpotensi sebagai anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai obat batuk kering alami.

Hasil penelitian dalam Major medicinal plants of India menunjukkan bahwa air rebusan kunyit dan susu dapat menyembuhkan batuk dan penyakit pernapasan terkait. Kunyit juga dapat membantu meringankan gejala asma dan bronkitis.

4. Lemon

Lemon merupakan obat batuk kering alami yang baik karena memiliki memiliki sifat anti-inflamasi. menurut buku Folk Medicine, memon membantu mengurangi iritasi di tenggorokan dan paru-paru, serta membersihkan saluran udara dan meredakan batuk kering Untuk membuat air lemon, seduh dua sendok makan perasan jeruk lemon dengan 500 ml air hangat.

5. Terapi uap

Terapi uap dapat dilakukan sebagai obat batuk kering alami. Melansir Verywell Health, terapi uap hangat dapat membantu melembabkan saluran hidung yang kering dan teriritasi, meredakan sakit tenggorokan, dan mengurangi keparahan batuk yang disebabkan oleh infeksi ringan atau alergi.

Untuk melakukan terapi uap, cukup ambil mangkuk besar berisi air panas lalu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Saat menghirup uapnya, taruh handuk di atas kepala Anda untuk menyerap lebih banyak kelembapan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...