9 Obat Batuk Alami, Sederhana dan Mudah Dikonsumsi

Image title
2 September 2021, 23:20
Ilustrasi seorang wanita yang menderita batuk. Beberapa penelitian telah membuktikan obat batuk alami dapat digunakan untuk mengatasi batuk dan aman dikonsumsi.
jcomp/freepik
Ilustrasi seorang wanita yang menderita batuk

Obat batuk alami bisa menjadi alternatif pilihan masyarakat di kala batuk. Apalagi, menderita batuk berkepanjangan dapat membuat tubuh lelah dan tidak nyaman. Sedangkan untuk batuk ringan umumnya normal terjadi sesekali, khususnya ketika ada zat asing masuk dalam saluran pernapasan.

Tenggorokan kering atau iritasi juga menjadi gejala lanjutan yang ditimbulkan karena batuk. Penderita batuk seringkali merasakan dada sakit. Untuk itu, penting menjaga tetap terhidrasi agar menjaga selaput lendir tetap lembab dan mudah dikeluarkan.

Batuk dianggap akut jika berlangsung kurang dari tiga minggu. Sedangkan jika berlangsung lebih dari delapan minggu maka dianggap batuk kronis, menurut Mayo Clinic.

Menurut American Lung Association, praktisi kesehatan mengklasifikasikan batuk sebagai berikut:

  • Batuk akut: Batuk yang datang tiba-tiba dan berlangsung hingga 3 minggu.
  • Batuk subakut: Batuk yang datang tiba-tiba dan berlangsung sekitar 3-8 minggu.
  • Batuk kronis: Batuk yang berlangsung lebih dari 8 minggu.
  • Batuk produktif: Batuk yang menghasilkan dahak.
  • Batuk kering: Batuk yang tidak menghasilkan dahak.
  • Batuk nokturnal: Batuk yang hanya terjadi pada malam hari.
  • Hemoptisis: Batuk darah atau lendir bernoda darah dari paru-paru.

Obat batuk di apotek dapat menjadi solusi pereda batuk. Anda juga dapat mencoba obat batuk alami. Simak penjelasan mengenai obat batuk alami berikut ini.

1. Madu

Madu dapat meredakan batuk. Sebuah studi dalam jurnal Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine mengungkapkan, madu efektif untuk obat batuk alami. Peneliti melaporkan bahwa madu memberikan efek paling signifikan untuk meredakan batuk.

Cara menggunakan madu untuk mengobati batuk adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dengan air hangat atau teh herbal. Minum campuran ini sekali atau dua kali sehari. Jangan berikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun.

2. Jahe

Jahe digunakan sebagai obat batuk kering karena memiliki sifat anti inflamasi dan dapat meredakan mual serta nyeri. Penelitian dalam American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology menunjukkan, senyawa anti inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara untuk mengurangi batuk.

Untuk mengonsumsi jahe, seduh air panas dan tambahkan 20-40 gram irisan jahe segar. Biarkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih menenangkan batuk.

Dalam beberapa kasus, teh jahe dapat menyebabkan sakit perut atau mulas sehingga perlu diwaspadai.

3. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Sebuah studi dalam jurnal Cochrane Database of Systematic Reviews menunjukkan penurunan jumlah orang yang tertular infeksi saluran pernapasan atas setelah diberi probiotik.

Meskipun tidak meredakan batuk secara langsung, probiotik membantu menyeimbangkan flora gastrointestinal, yaitu bakteri yang hidup di usus Anda. Keseimbangan ini dapat mendukung fungsi sistem imun di seluruh tubuh.

Cara paling alami untuk mendapatkan probiotik adalah melalui makanan fermentasi, antara lain:

  • Tempe
  • Miso
  • Yogurt
  • Kefir
  • Kombucha
  • Kimchi

4. Nanas

Jus nanas mengandung enzim yang disebut bromelain. Enzim tersebut memiliki sifat anti inflamasi yang kuat menurut penelitian dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

Diperkirakan, bromelain dapat membantu masalah batuk yang terkait dengan alergi dan asma. Bromelain juga dianggap memiliki sifat mukolitik yang membantu memecah dan mengeluarkan lendir sehingga dapat digunakan sebagai obat batuk alami.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...