Pengertian Wirausaha, Karakteristik, Pendekatan, dan Manfaatnya

Wirausaha adalah pelaku kegiatan yang dapat memberikan nilai tambah terhadap produk atau jasa melalui transformasi, kreativitas, inovasi, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya.
Image title
4 April 2022, 10:48
Ilustrasi kegiatan wirausaha di pasar
Unsplash/Alex Hudson
Ilustrasi kegiatan wirausaha di pasar

Kegiatan wirausaha merupakan penunjang pertumbuhan ekonomi. Wirausaha adalah pelaku kewirausahaan, yaitu suatu kegiatan yang dapat memberikan nilai tambah terhadap produk atau jasa melalui transformasi, kreativitas, inovasi, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wirausaha disebut juga wirawasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Wirausaha berperan dalam pertumbuhan ekonomi dengan memperkenalkan teknologi, produk, dan layanan yang inovatif. Wirausaha juga memberikan kesempatan kerja baru yang pada akhirnya membantu ekonomi dengan meningkatkan pendapatan nasional.

Begitu banyak peluang wirausaha yang bisa diraih. Contoh wirausaha yang kini sedang banyak diminati adalah menjadi Youtuber, yaitu seseorang yang membuat konten video kemudian mengunggahnya ke jejaring sosial Youtube. Contoh wirausaha lain dalam bidang otomotif yaitu jasa cuci atau servis kendaraan.

Advertisement

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Adapun pengertian wirausaha menurut para ahli dijelaskan sebagai berikut.

  • Menurut Kuratko (2016), wirausaha adalah seorang yang dapat mengenali peluang di mana orang lain tidak melihatnya. Wirausaha merupakan katalisator agresif untuk perubahan dan selalu berusaha menghadapi tantangan yang penuh dengan ketidakpastian serta menciptakan masa depan.
  • Geoffrey G. Meredith (1995) mengungkapkan bahwa wirausaha adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan, serta mengambil tindakan yang tepat guna memastikan kesuksesan.
  • Menurut  Zimmerer (1996), wirausaha adalah proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha.
  • Dan Stein dan John F. Burgess (1993) menjelaskan bahwa wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.
  • Menurut Richard Cantillon (1755), wirausaha adalah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru.
  • J. B. Say (1803) mengungkapkan, wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis, efektif, dan efisien, serta meningkatkan produktivitas yang rendah menjadi tinggi.
  • Menurut Skinner (1992), wirausaha adalah seseorang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis, serta menerima imbalan jasa berupa profit non finansial.

Hebert dan Link (1982) sebagaimana dikutip dalam buku Smart Entrepreneurship: Peluang Bisnis Kreatif & Inovatif di Era Digital menjelaskan bahwa terdapat dua belas poin tentang definisi dan fungsi wirausaha, yaitu:

  1. Wirausaha adalah orang yang mengasumsikan risiko yang terkait dengan ketidakpastian.
  2. Wirausaha adalah pemasok modal finansial.
  3. Wirausaha adalah inovator.
  4. Wirausaha adalah pengambil keputusan.
  5. Wirausaha adalah pemimpin industri.
  6. Wirausaha adalah manajer atau pengawas.
  7. Wirausaha adalah pengatur atau koordinator sumber daya ekonomi.
  8. Wirausaha adalah pemilik perusahaan.
  9. Wirausaha adalah majikan dari faktor-faktor produksi.
  10. Wirausaha adalah kontraktor.
  11. Wirausaha adalah seorang arbitrageur.
  12. Wirausaha adalah orang yang mengalokasikan sumber daya untuk penggunaan alternatif.

Karakteristik Wirausaha

Berdasarkan buku Manajemen Kewirausahaan, terdapat sejumlah karakteristik wirausaha sebagai berikut.

  • Memiliki keberanian dan mempunyai daya kreasi. Seorang wirausaha tidak takut untuk bermimpi dan merencanakan serta membuat ide untuk mengembangkan usahanya.
  • Berani mengambil risiko. Dalam pengambilan keputusan, seorang wirausaha berani menerima risiko yang akan terjadi. Tentunya, pengambilan keputusan dan risiko harus sejalan dengan perencanaan dan pengamatan yang telah dilakukan.
  • Memiliki semangat dan kemauan keras. Wirausaha memiliki semangat dan kemauan untuk mengembangkan usahanya.
  • Memiliki analisis yang tepat. Suatu usaha dapat berjalan lancar jika wirausaha dapat memiliki analisis yang tepat, sehingga produk atau jasa yang ditawarkan dapat menjangkau masyarakat secara optimal.
  • Tidak konsumtif. Wirausaha tidak boleh konsumtif agar kondisi keuangan tetap stabil.
  • Memiliki jiwa pemimpin. Wirausaha berperan sebagai pemimpin yang mengarahkan berbagai kegiatan agar usaha mampu berkembang.
  • Berorientasi pada masa depan. Wirausaha mampu merencanakan dalam jangka panjang dan berorientasi pada masa depan dengan menghadirkan inovasi dan kreasi.

Pendekatan Wirausaha dalam Mengembangkan Bisnis

Barringer (2008) dikutip dalam buku Manajemen Keuangan Untuk Wirausaha Mula menjelaskan, terdapat tiga pendekatan wirausaha dalam mengembangkan bisnis, yaitu:

  • Mengikuti tren. Wirausaha dapat mengidentifikasi peluang dengan adanya perubahan tren, seperti tren ekonomi, teknologi, dan sosial. Perkembangan tren dapat menentukan target pasar yang dapat menjadi peluang wirausaha.
  • Menjawab permasalahan. Pendekatan ini mengidentifikasi masalah yang timbul sehingga didapatkan solusi sesuai kebutuhan.
  • Menemukan celah. Peluang bisnis muncul karena terdapat celah pada bisnis yang sudah ada karena kurangnya target pasar.

Manfaat Wirausaha

Adapun manfaat wirausaha adalah sebagai berikut.

  • Membuka lapangan pekerjaan.
  • Membantu pertumbuhan ekonomi.
  • Memungkinkan kesempatan untuk mengemangkan barang, jasa, dan teknologi
  • Meningkatkan persaingan sehat dan produktivitas.
  • Membantu dalam identifikasi dan pengembangan bakat manajerial.
  • Potensi penghasilan tak terbatas
  • Menentukan tempat dan waktu kerja sendiri.
  • Pertumbuhan dan perkembangan yang konstan.
  • Menciptakan karir yang sejalan dengan nilai pribadi.
  • memiliki kebebasan dan fleksibilitas untuk menangani masalah secara langsung.

Demikian penjelasan tentang wirausaha, karakteristik, dan manfaatnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait