Pengertian Wirausaha, Karakteristik, Pendekatan, dan Manfaatnya

Image title
4 April 2022, 10:48
Ilustrasi kegiatan wirausaha di pasar
Unsplash/Alex Hudson
Ilustrasi kegiatan wirausaha di pasar

Kegiatan wirausaha merupakan penunjang pertumbuhan ekonomi. Wirausaha adalah pelaku kewirausahaan, yaitu suatu kegiatan yang dapat memberikan nilai tambah terhadap produk atau jasa melalui transformasi, kreativitas, inovasi, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wirausaha disebut juga wirawasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Advertisement

Wirausaha berperan dalam pertumbuhan ekonomi dengan memperkenalkan teknologi, produk, dan layanan yang inovatif. Wirausaha juga memberikan kesempatan kerja baru yang pada akhirnya membantu ekonomi dengan meningkatkan pendapatan nasional.

Begitu banyak peluang wirausaha yang bisa diraih. Contoh wirausaha yang kini sedang banyak diminati adalah menjadi Youtuber, yaitu seseorang yang membuat konten video kemudian mengunggahnya ke jejaring sosial Youtube. Contoh wirausaha lain dalam bidang otomotif yaitu jasa cuci atau servis kendaraan.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Adapun pengertian wirausaha menurut para ahli dijelaskan sebagai berikut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement