Referensi Adalah Sumber Acuan, Pahami Jenis dan Contohnya

Image title
27 Mei 2022, 08:12
Ilustrasi, buku merupakan salah satu sumber referensi. Referensi adalah sumber acuan atau rujukan yang digunakan dalam berbagai bidang. Referensi bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca bahwa penulisan menggunakan sumber yang benar.
Unsplash/Emmanuel Phaeton
Ilustrasi, buku merupakan salah satu sumber referensi.

Referensi adalah sumber acuan atau rujukan yang digunakan dalam berbagai bidang. Referensi berasal dari bahasa Inggris reference. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), referensi dapat berarti buku-buku yang dianjurkan oleh dosen kepada mahasiswanya untuk dibaca atau buku perpustakaan yang tidak boleh dibawa ke luar, harus dibaca di tempat yang telah disediakan.

Dalam bidang perpustakaan, terdapat layanan referensi yang disediakan oleh pustakawan. Mengutip Pawit M. Yusup dalam Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan (2009), layanan referensi adalah proses pemberian jawaban oleh pustakawan atas pertanyaan pengunjung yang jawabannya dapat dicari melalui sumber-sumber informasi yang dimiliki perpusatakaan.

Tujuan Referensi

Melansir buku Mastering Academic Writing, tujuan referensi yaitu:

  • Memberikan informasi kepada pembaca bahwa penulisan menggunakan sumber yang benar.
  • Menunjukkan bahwa penulis dapat menemukan dan memakai sumber yang kuat.
  • Memperkuat argumen.
  • Menghindari plagiarisme.
  • Menghargai karya orang lain.

Sumber Referensi

Sumber referensi dapat dikategorikan dalam tiga bentuk yaitu:

  • Sumber primer, seperti monograf, disertasi, manuskrip, laporan hasil seminar/lokakarya dan sebagainya.
  • Sumber sekunder, mencakup ensiklopedia, kamus, handbook, direktori, buku tahunan, biografi, abstrak, bibliografi, indeks, sumber geografi.
  • Sumber tersier, yaitu bahan terapan dari sumber primer yang berbentuk buku teks.

Jenis Referensi

Adapun jenis referensi dibedakan menjadi dua, yaitu jenis referensi langsung dan tidak langsung. Referensi langsung merupakan sumber informasi yang langsung memberikan informasi. Sedangkan referensi tidak langsung memberikan petunjuk tentang sumber informasi.

1. Referensi Langsung

Referensi langsung meliputi:

a. Buku

Beberapa contoh buku referensi konvensional yaitu:

  • Kamus, yaitu daftar alfabetis kata-kata yang disertai dengan arti, lafal, contoh penggunaannya dalam kalimat, dan keterangan lain yang berkaitan.
  • Ensiklopedia, yaitu bahan rujukan yang menyajikan informasi mengenai berbagai masalah dan disusun berdasarkan urutan abjad.
  • Direktori, merupakan buku petunjuk untuk menemukan nama orang, alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya.
  • Buku tahunan, yaitu jenis karya yang memuat segala macam informasi mutakhir selama setahun yang lewat, ditulis secara ringkas dan padat sehingga mempermudah pemanfaatannya oleh para pembaca.
  • Atlas, merupakan kumpulan peta.
  • Buku pegangan, yaitu buku yang bisa dijadikan pegangan guru atau pengajar dalam melaksanakan proses pengajaran.
  • Buku manual, yaitu buku petunjuk yang membahas penggunaan barang tertentu.

b. Surat Kabar

Surat kabar adalah lembaran tercetak yang memuat laporan yang terjadi di masyarakat dengan ciri-ciri terbit secara periodik, bersifat umum, isinya termasa dan aktual mengenai apa saja dan di mana saja di seluruh dunia untuk diketahui pembaca. Surat kabar disebut juga koran. Fungsi surat kabar adalah menyiarkan informasi dan berita, mendidik, menghibur, dan memengaruhi.

c. Majalah

Majalah adalah kumpulan berita, artikel, cerita, iklan, dan sebagainya yang dicetak dalam lembaran kertas ukuran kuarto atau folio, dijilid dalam bentuk buku. Majalah biasanya terbit teratur, seperti seminggu sekali, dua minggu sekali atau sebulan sekali.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...