Bahaya Masalah Penyakit Jantung bagi Penyintas Covid-19

Image title
17 Oktober 2021, 08:00
Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut penyakit jantung sebagai pembunuh nomor satu di dunia.
123RF.com/Belchonok
Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut penyakit jantung sebagai pembunuh nomor satu di dunia.

Bahaya Covid-19 tidak hanya bagi mereka yang sedang terinfeksi, juga terhadap penyintas. Masalah kesehatan bagi yang baru sembuh dari Covid-19 beragam bentuknya. Mulai dari gejala ringan seperti pusing hingga yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Mengutip dari situs Covid19.go.id, ahli jantung Wendy Post, M.D. menjelaskan, virus SARS-CoV-2 dapat merusak otot jantung dan mempengaruhi fungsi jantung. Hal ini dikarenakan sel-sel di jantung memiliki reseptor angiotensin converting enzyme-2 (ACE-2), tempat virus corona menempel sebelum memasuki sel.

Kerusakan jantung juga bisa disebabkan oleh tingginya tingkat peradangan dalam tubuh. Saat sistem kekebalan tubuh melawan virus, proses peradangan dapat merusak beberapa jaringan sehat, termasuk jantung. 

Post menambahkan, infeksi virus corona bisa memengaruhi permukaan bagian dalam vena dan arteri yang dapat menyebabkan peradangan pembuluh darah, kerusakan pada pembuluh darah yang sangat kecil, dan pembekuan darah.

“Semuanya dapat mengganggu aliran darah ke jantung atau bagian tubuh lainnya. Covid-19 yang parah adalah penyakit yang mempengaruhi sel endotel, yang membentuk lapisan pembuluh darah," katanya.

Studi dari Sistem Perawatan Kesehatan St. Louis Urusan Veteran menyebutkan, pasien yang tidak dirawat di rumah sakit akibat Covid 19 memiliki 39 persen peningkatan risiko gagal jantung dibanding dengan mereka yang tidak pernah terinfeksi Covid 19.

Ziyad Al-Aly, Direktur Pusat Epidemiologi yang memimpin penelitian menegaskan, efek berkelanjutan dari Covid-19 ini kian besar. Oleh sebab itu, dia berharap sistem kesehatan memberi perhatian lebih terhadap dampak lanjutan dari Covid-19. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...