11 Anime Movie Terbaik Sepanjang Masa Beserta Sinopsisnya

Image title
18 Juli 2022, 13:08
Ilustrasi, adegan dalam Spirited Away (2001), salah satu anime movie terbaik
IMDB
Ilustrasi, adegan dalam Spirited Away (2001), salah satu anime movie terbaik

Film anime atau anime movie merupakan film animasi yang digambar secara khas dari Jepang. Anime serupa dengan kartun, namun gaya melukisnya berbeda dan khas. Biasanya anime menampilkan karakter dengan mata yang besar dan atribut lain.

Anime telah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Beberapa film anime bahkan mendapat penghargaan internasional. Dengan gaya yang khas, alur cerita menarik, serta visual yang memukau, anime movie digemari oleh berbagai kalangan.

Advertisement

Berikut rekomendasi anime movie terbaik sepanjang masa beserta sinopsisnya. 

1. Spirited Away (2001)

Spirited Away karya Hayao Miyazaki adalah anime movie terbaik sepanjang masa. Film ini mengisahkan seorang gadis bernama Chihiro yang orang tuanya berubah menjadi babi setelah mereka mengembara ke tempat yang mereka yakini sebagai taman hiburan yang ditinggalkan.

Tempat itu ternyata merupakan pemandian roh. Jika Chihiro ingin ibu dan ayahnya dikembalikan ke bentuk manusia, dia harus bekerja untuk penyihir yang menjadi pemiliknya. Dengan sejumlah teman baru dan petualangan yang mendebarkan, dia merumuskan rencana untuk menyelamatkan orang tuanya dan kembali ke dunia manusia.

Film klasik dari Studio Ghibli ini mengajarkan pelajaran tentang persahabatan, cinta, dan keberanian. Dari Spirited Away, penonton dapat mengambil beberapa hikmah, yaitu jangan termotivasi oleh keserakahan dan selalu membantu orang yang membutuhkan tanpa pamrih.

2. Grave of the Fireflies (1988)

Grave of the Fireflies merupakan film perang animasi yang berlatar tempat di Jepang saat Perang Dunia Kedua. Film ini dirilis tahun 1988 dan disutradarai oleh Isao Takahata dan diproduksi oleh Studio Ghibli.

Dalam Grave of the Fireflies, dua orang anak, Seita dan Setsuko kehilangan ibu dan rumanya saat serangan bom Amerika Serikat. Sementara ayah mereka harus bertugas sebagai Angkatan Laut.

Tanpa rumah dan penunjang hidup, mereka harus berjuang untuk bertahan. Mereka menemukan suaka di dalam tempat perlindungan bom yang ditinggalkan. Sebagai pencahayaan, mereka melepas kunang-kunang di dalamnya.

Keesokan paginya, Setsuko menemukan bahwa semua kunang-kunang telah mati. Kemudian dia menciptakan kuburan bagi mereka di tanah. Seita dan Setsuko mulai kehabisan beras dan makanan.

Tanpa pekerjaan atau cara lain, Seita terpaksa mencuri dari rumah petani setempat selama serangan udara. Kekurangan makanan dan peralatan kesehatan, Setsuko jatuh sakit dan meninggal. Beberapa minggu kemudian, Seita turut meninggal karena kelaparan di Stasiun Sannomiya.

Film Grave of the Fireflies mengangkat kisah pilu warga sipil yang menjadi korban Perang Dunia Kedua. Perjuangan mereka bertahan hidup merupakan contoh kecil dari banyak korban perang yang mengalami berbagai kesulitan. Film ini tidak melibatkan banyak aksi. Namun, kisah mengharukan sepasang adik dan kakak menunjukkan kerugian perang yang begitu dahsyat.

3. Your Name. (2016)

Anime movie Your Name karya Makoto Shinkai merupakan film dengan pendapatan kotor tertinggi di Jepang pada tahun 2016. Lewat animasi yang memukau, film ini menceritakan remaja dari Tokyo bernama Taki dan gadis desa Mitsuha.

Suatu hari, mereka terbangun dalam tubuh yang tertukar. Anehnya, mereka selalu lupa seluruh hari saat bertukar tubuh, termasuk nama mereka. Fenomena ini terus terjadi sepanjang film dan dua remaja tersebut mulai terikat dengan perasaan yang aneh, seakan mereka pernah bertemu sebelumnya.

Tiba-tiba, Taki tak lagi bertukar tubuh dengan Mitsuha. Hidupnya kembali normal, namun ada yang mengganjal di hati Taki, ia memutuskan untuk menemui Mitsuha. Tanpa nama kota, Taki hanya berbekal optimisme dan gambar yang ia lukis dari ingatan.

Atas bantuan penjual ramen lokal, Taki sampai di Kota Itomori. Ia terkejut ketika melihat kota tersebut sudah hancur karena komet yang jatuh. Seluruh penduduk kota meninggal, termasuk Mitsuha.

Tak putus asa, Taki mengunjungi kuil terpencil di sebuah gunung di mana ia pernah menaruh sake saat bertukar tubuh dengan Mitsuha. Taki meminum sake itu dan ia kembali bertukar tubuh dengan Mitsuha sehari sebelum komet jatuh.

Taki (dalam tubuh Mitsuha) berupaya keras untuk mengevakuasi Kota Itomori. Pada akhirnya, seluruh penduduk dapat diselamatkan dan Taki kembali ke tubuhnya. Seperti yang terjadi sebelumnya, ia melupakan semua kejadian saat bertukar tubuh.

Beberapa tahun berlalu, Taki sedang mencari kerja sebagai arsitek. Ia tetap dihantui perasaan rindu akan seseorang yang tak pernah ia temui. Akankah ia bertemu Mitsuha kembali?

4. Princess Mononoke (1997)

Berlatar waktu selama periode Muromachi di Jepang, anime Princess Mononoke mengikuti seorang wanita bernama San yang dibesarkan oleh serigala dan seorang pangeran bernama Ashitaka.

Ashitaka terluka saat mencoba menghalang babi hutan terkutuk. Akibatnya, lengannya terkena kutukan yang perlahan membunuhnya. Dalam perjalanannya mencari obat, ia sampai di Kota Tatara di mana Lady Eboshi berkuasa.

Lady Eboshi ingin memangkas hutan untuk memperluas bisnis senjatanya. Namun, hutan itu dipenuhi dewa-dewa kuno yang perkasa. Ada pula San yang melindungi hutan dan terus menghalang Lady Eboshi.

Di satu sisi, Kota Tatara menjadi sumber penghasilan bagi penduduknya. Di sisi lain, hutan yang akan dipangkas menjadi habitat penting para hewan. Bertahun-tahun Lady Eboshi ingin membinasakan Roh Hutan Shishigami yang menjadi raja, namun selalu gagal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement